Silakan hubungi kami di sini:
Misi utama kami adalah untuk mengeksplorasi sains, teknik dan peran sosial dari bidang rekayasa sistem dan kontrol melalui pemanfaatan robotika dan manajemen perawatan. Hal ini bertujuan untuk menangani berbagai proses dalam industri agar dapat menggantikan pekerjaan manusia. Tantangan utama untuk mewujudkan hal tersebut adalah sifat manusia yang tidak dapat ditebak, tidak terstruktur dan tidak pasti. Laboratorium RSK merupakan kolaborasi unik yang memanfaatkan kekuatan dan ketrampilan kolektif dari para anggota dan mitra kerjasama. Saat ini kami terlibat aktif dalam projek lintas – displin ilmu dan lintas – negara.
“Nothing in life is to be feared, it is only to be understood. Now is the time to understand more, so that we may fear less.” – Marie Curie – Nobel prize winner in physics and chemistry
“Nothing in life is to be feared, it is only to be understood. Now is the time to understand more, so that we may fear less.”
– Marie Curie – Nobel prize winner in physics and chemistry
Bidang: Kinematika and Dynamics of Robotics
Email: Latifah.nurahmi@me.its.ac.id
Bidang: Robotika, Kontrol dan Otomasi
Email: pramujati@me.its.ac.id
Bidang: Manajemen Operasional
Email: witantyo@gmail.com
Bidang: Dinamika Teknik, Sistem Kontrol
Email: unggul@me.its.ac.id
Bidang: Pneumatik & Hidraulik, PLC
Email: suwarmin@gmail.com
Bidang: Riset Operasional
Email: shahab_nqa@yahoo.com
Bidang: Robotika, Kontrol, dan Otomasi
Email: arikurniawan@me.its.ac.id
Bidang: Teknisi Laboratorium
Email: lazuafnan@its.ac.id
Laboratorium Rekayasa Sistem & Kontrol memiliki 2 fokus Grup Riset, yaitu:
Manipulator paralel yang dapat dikonfigurasi ulang akan sangat efisien untuk mencetak bentuk kompleks atau geometri overhang tiga dimensi. Platform dapat berpindah secara terus menerus dari satu jenis gerakan ke jenis lainnya dengan menggunakan beberapa solusi, yaitu sabuk, rem, sambungan yang dapat dikunci, dll. Proses konfigurasi ulang memerlukan analisis sesuai dengan kinematika dan dinamika yang terjadi. Secara garis besar penelitian ini dapat dilihat dalam video pada LINK INI.
Tim: Latifah Nurahmi, Bambang Pramujati, Moch. Solichin
Partner:
Project:
Publikasi:
Aspek terpenting dari kesetimbangan kendaraan roda dua adalah kemungkinan hilangnya kesetimbangan vertikal dan masalah ini sangat mirip dengan masalah klasik dalam teori pengendalian yaitu kestabilan pendulum terbalik. Penelitian ini akan memformulasikan dan membuktikan konsep pengendalian kendaraan roda dua yang dianalogikan sebagai pendulum terbalik dengan sistem aktuasi Control Moment Gyroscope.
Tim: Unggul Wasiwitono, Arif Wahjudi, Ari Kurniawan S, Yohanes
Makalah ini menyajikan analisis stabilitas berdasarkan konsep Zero Moment Point (ZMP) selama konfigurasi ulang Robot Paralel Berbasis Kabel (Cable-Driven Parallel Robot, CDPR) dengan menggunakan tiga mobile base. Setiap mobile base dapat digerakkan maju dan mundur, dan memiliki derek yang dapat digerakkan ke atas dan ke bawah, di mana kabel yang terhubung ke end effector terpasang. ZMP harus tetap berada di dalam batas-batas penyangga yang ditentukan untuk mencegah robot jatuh. Oleh karena itu, posisi selanjutnya dari titik keluar kabel diubah dengan menerapkan dua skema konfigurasi ulang pada robot: 1) mengubah posisi dasar bergerak dan 2) mengubah panjang derek. Model kinetostatik dari kedua skema rekonfigurasi diformulasikan sedemikian rupa sehingga matriks kunci pas diekspresikan untuk menghitung tegangan kabel. Lintasan uji polinomial tingkat lima didefinisikan untuk diikuti oleh end-effector. Saat menjalankan lintasan yang ditentukan, urutan posisi dasar bergerak dan panjang derek dioptimalkan dengan terus mempertimbangkan stabilitas robot berdasarkan ZMP. Tanpa konfigurasi ulang, derek bergerak tidak dapat menangani tegangan kabel yang tinggi tanpa terjungkal. Dengan melakukan dua skema konfigurasi ulang, seluruh sistem dapat terus dipertahankan dalam keseimbangan, dan ruang kerja robot dapat diperbesar; oleh karena itu, jungkir balik pada akhirnya dapat dihindari. Pengaturan eksperimental dibuat untuk mendemonstrasikan dan memvalidasi model matematis dari kedua skenario konfigurasi ulang.
Tim: Latifah Nurahmi, Bambang Pramujati, Unggul Wasiwitono, Ari Kurniawan, Hor Tan, Rizal Muntashir.
Project: 1. Kemristekdikti Kerjasama Luar Negeri 2018-2020 2. PHC – Nusantara 2016-2017
Sistem suspensi merupakan komponen pada kendaraan. Fungsi utama suspensi kendaraan adalah mengisolasi getaran yang timbul karena ketidakrataan jalan. Penelitian ini mempelajari sistem suspensi jenis Low Bandwidth Active Suspension, dimana gaya aktuasi diberikan dengan mengubah orientasi single link yang menghubungkan sprung mass dengan link pegas dan damper.
Tim: Unggul Wasiwitono, Agus Sigit P, Nyoman Sutantra, Yunarko
Lean six sigma adalah metode yang mengandalkan upaya tim secara kolaboratif untuk meningkatkan kinerja dengan menghilangkan pekerjaan non-produktif secara sistematis. Dengan memperkenalkan Lean Six Sigma, pola pikir karyawan dan manajer berubah menjadi pola pikir yang berfokus pada pertumbuhan dan peningkatan berkelanjutan melalui optimalisasi proses untuk memaksimalkan efisiensi dan meningkatkan profitabilitas.
Tim: Witantyo, Abdullah Shahab, Suwarno
Pemeliharaan prediktif pada industri 4.0 adalah metode untuk mencegah kegagalan aset dengan menganalisis data maintenance untuk mengidentifikasi pola dan memprediksi suatu masalah. teknologi industri IOT diterapkan untuk memantau kesehatan aset, mengoptimalkan jadwal perawatan sehingga produsen dapat menurunkan biaya produksi, memaksimalkan waktu kerja, dan meningkatkan hasil produksi.
Tim: Witantyo, Ari Kurniawan S, Suwarmin
Mata Kuliah Wajib
Mata Kuliah Pilihan
Syukuran Wisuda 2023
Syukuran Wisuda 2024
Pelatihan MATLAB 2023
Pelatihan MATLAB 2024
Pelatihan Grader Praktikum Sistem Dinamis
For more detail you can click on link below: PhD Scholarship Opportunity in CDPR.pdf