Desain Eksperimen (Pak Arif Wahyudi)

MATA KULIAH TM185103:Desain Eksperimen
Kredit :3 sks
Semester:I
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberi pengetahuan tentang konsep perancangan dan analisa suatu eksperimen untuk memperoleh hubungan antar variable eksperimen tersebut. Selain konsep perancangan dan analisa, mata kuliah ini juga memberikan pengetahuan tentang penerapannya dalam riset dan penelitian.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI YANG DIDUKUNG
A. Konsep teoritis dan metode perancangan system atau rekayasa teknologi mekanika secara mendalam
B. Mampu menyelesaikan permasalahan rekayasa dan teknologi serta merancang system mekanika (mechanical system) dan komponennya dengan memanfaatkan bidang ilmu secara interdisiplin atau multidisiplin, serta dengan memperhatikan factor – factor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, social kelestarian lingkungan
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
- Mahasiswa mampu merancang dan menganalisa suatu eksperimen untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara suatu variable dengan variable yang lain baik single maupun multi variable
- Mahasiswa mampu menentukan hubungan antara suatu variable dengan variable yang lain
- Mahasiswa mampu menerapkan metode perancangan dan analisa yang dipelajari untuk melakukan riset
POKOK BAHASAN
- Uji hipotesis
- Analisa Varian (ANOVA)
- Regresi
PRASYARAT
PUSTAKA UTAMA
1. Blank, L., “Statistical Procedures for Engineering, Management, and Science”, McGraw- Hill, 1980
2. Bhattacharya, G.K., Johnson, R.A., “Statistical Concepts and Methods”, John Wiley, 1977
3. Montgomery, D.C., “Design and Analysis of Experiments”, John Wiley, 1991
PUSTAKA PENDUKUNG
1. Kuehl, R. O., “Design of experiments : statistical principles of research design and analysis”, Pacific Grove: Duxbury, 2000
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
PROGRAM STUDI PASCASARJANA (S2) DEPARTEMEN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI - ITS
MATA KULIAHKODERumpun MKBOBOT (sks)SEMESTERDirevisi
DESAIN EKSPERIMENTM185103SISTEM MANUFAKTURT=3P=0I
OTORISASIPengembang RPKoordinator RMKKaPRODI S2
Arif WahjudiSuwarnoProf. Dr. Eng. Ir. Prabowo, M.Eng.
Capaian Pembelajaran MKProgram Studi
A.Konsep teoritis dan metode perancangan system atau rekayasa teknologi mekanika secara mendalam
B.Mampu menyelesaikan permasalahan rekayasa dan teknologi serta merancang system mekanika (mechanical system) dan komponennya dengan memanfaatkan bidang ilmu secara interdisiplin atau multidisiplin, serta dengan memperhatikan factor – factor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, social kelestarian lingkungan
Mata Kuliah
-Mahasiswa mampu merancang dan menganalisa suatu eksperimen untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara suatu variable dengan variable yang lain baik single maupun multi variable
-Mahasiswa mampu menentukan hubungan antara suatu variable dengan variable yang lain
-Mahasiswa mampu menerapkan metode perancangan dan analisa yang dipelajari untuk melakukan riset
Diskripsi Bahan Kajian &Bahan Kajian
• Statistika
• Perancangan Eksperimen
Pokok Bahasan
-Uji hipotesis
-Analisa Varian (ANOVA)
-Regresi
PustakaUtama :
1. Blank, L., “Statistical Procedures for Engineering, Management, and Science”, McGraw-Hill, 1980
2. Bhattacharya, G.K., Johnson, R.A., “Statistical Concepts and Methods”, John Wiley, 1977
3. Montgomery, D.C., “Design and Analysis of Experiments”, John Wiley, 1991
Pendukung :
1.Kuehl, R. O., “Design of experiments : statistical principles of research design and analysis”, Pacific Grove: Duxbury, 2000
Media PembelajaranSoftware :
Minitab
Team TeachingProf. Abdullah Shahab, Bobby Oedy P. S., PhD, Arif Wahjudi, PhD
AssessmentHomework (Case-Study)
Presentasi
Matakuliah Syarat-
Mg Ke-Sub-Capaian
Pembelajaran MK
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]
Metode / Strategi
Pembelajaran
[ Estimasi Waktu ]
Assessment   
Mg Ke-Sub-Capaian
Pembelajaran MK
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]
Metode / Strategi
Pembelajaran
[ Estimasi Waktu ]
IndikatorBentukBobot
(1)Mahasiswa mampu merefresh kembali materi statistik- kontrak kuliah
- Refresh statistik
[1:Blank, 2:Bhattacharya]
- Kuliah pengantar &
Brainstorming
- Latihan soal
[TM: 1x(3x50”)]
Mampu menerapkan tool statistik untuk menyelesaikan kasus engineering
(2-4)Mahasiswa mampu menganalisa dan mempraktekkan uji hipotesa- Uji Hipotesa:
• Test on means (1 dan 2 sample)
• Test on variances (1 dan
2 sample)
[1:Blank, 2:Bhattacharya,
3:Montgomery]
- Presentasi materi - Eksperimen - Presentasi hasil Eksperimen
[TM: 3x(3x50”)]
Mampu menganalisa kasus-kasus perbandingan 1 dan 2 sample25%
(5-8)Mahasiswa mampu menganalisa dan
mempraktekkan ANOVA dan regresi single factor
- ANOVA: • Single factor
• Regresi
[1:Blank, 2:Bhattacharya,
3:Montgomery]
- Presentasi materi - Eksperimen - Presentasi hasil eksperimen '[TM: 4x(3x50”)] Mampu menganalisa kasus-kasus perbandingan 1 factor dan regresinya25%
(9-11)Mahasiswa mampu menganalisa dan
mempraktekkan ANOVA multi factor
- ANOVA: • Multi factor
[1:Blank, 2:Bhattacharya,
3:Montgomery]
- Presentasi materi - Eksperimen - Presentasi hasil eksperimen [TM: 3x(3x50”)]Mampu menganalisa kasus-kasus perbandingan multi 5actor25%
(12-16)Mahasiswa mampu mengaplikasikan metode perancangan eksperimen pada riset- ANOVA singgle maupun multi faktor
- Regresi
[1:Blank, 2:Bhattacharya]
- Review paper
[TM: 5x(3x50”)]
Mampu memahami dan memanfaatkan metode eksperimen untuk kasus-kasus riset25%
Jenis evaluasiFail
Less than 50%
Pass
50 – 59%
Credit
60-69%
Distinction
70 – 79%
High Distinction
80 – 100%
TugasTidak mengikuti langkah-langkah pengerjaan. Persamaan/rumus yang digunakan salah, tidak ada satuan. Pekerjaan mencontoh tugas teman.Tidak menuliskan asumsi
dan tidak menggambarkan diagram sistem atau proses. Persamaan/rumus yang digunakan kurang lengkap dan tidak ada satuan dari besaran.
Tidak menuliskan asumsi
dan tidak menggambarkan diagram sistem atau proses. Persamaan/rumus yang digunakan kurang lengkap.
Mengikuti langkah-langkah
pengerjaan namun tidak terlalu lengkap (tidak ada diagram sistem/proses, rumus, asumsi). Perhitungan dan analisa 80% tepat disertai satuan dari besaran yang ada.
High Distinction
80 – 100%
Kriteria PenilaianKurang
20 – 40
Cukup
41 – 59
Baik
60 – 79
Sangat Baik
80 – 98
Penguasaan MateriHanya mempresentasikan
materi tanpa penjelasan
Memahami hipotesa yang
digunakan
Memahami hipotesa yang
digunakan, rancangan dan metode analisa eksperimen
Memahami hipotesa yang
digunakan, rancangan dan metode analisa eksperimen, proses regresi
Alat Peraga & Power PointHanya teks presentasiTerdapat visualisasi
gambar
Terdapat visualisasi videoTerdapat visualisasi
gambar dan video
Kekompakan/Pembagian
Kerja
Hanya 1 orang yang
berperan dalam presentasi
Sebagian kecil anggota
berperan dalam presentasi
Sebagian besar anggota
berperan dalam presentasi
Semua anggota berperan
dalam presentasi
PenyampaianPeraga memuat semua
materi yang dijelaskan, penjelasan dilakukan dengan membaca peraga
Peraga hanya point-point
presentasi, penjelasan presentasi diberikan oleh pemrasaran
Peraga hanya point-point
presentasi, penjelasan presentasi diberikan oleh pemrasaran tanpa melihat peraga
Peraga hanya point-point
presentasi, penjelasan presentasi diberikan oleh pemrasaran tanpa melihat peraga, presentasi tidak monoton