News

Berbekal Kerambit Dua Mahasiswa Teknik Material Berangkat ke San Antonio, USA

Sen, 26 Agu 2019
11:39 am
informasi
Share :
Oleh : Admin-Material   |

The Minerals, Metals & Materials Society (TMS) Bladesmith competition adalah sebuah kompetisi tingkat internasional dalam bidang metalurgi. Kompetisi ini fokus pada penerapan keilmuan teknik metalurgi sebagai pembuat pedang. Selain meninjau proses pembuatan pedang dari segi ilmu teknik material sekaligus mengangkat nilai budaya dari pedang tersebut. Pada tahun 2019, ITS Bladesmith team berhasil terpilih menjadi salah satu finalis dari 41 kompetitor pada kompetisi ini ang diwakili oleh Muhammad Rizal Afif dan Fakhri Maulana Akbar keduanya adalah mahasiswa Departemen Teknik Material ITS  untuk berkompetisi di San Antonio, Texas, USA.

Afif menjelaskan “Bersanding dan berkompetisi dengan mahasiswa dari universitas seluruh penjuru dunia banyak pelajaran yang kami dapat dan merupakan pengalaman hidup luar biasa yang tak terlupakan” kata dia.

“Pada kesempatan tersebut kami mempresentasikan pedang khas Sumatera yaitu kerambit yang dipadukan dengan corak keris, mulai dari metode pembuatannya yang selama berabad secara turun temurun yang sajikan dalam bentuk laporan dan poster yang dibungkus dengan bahasa ilmiah. Kami tersadarkan akan luar biasanya budaya nusantara dan semestinya ilmu metalurgi yang kami pelajari dapat bermanfaat untuk mengangkat budaya Indonesia yang sudah turun menurun”, lanjut dia.

“Selain itu kami mendapat kesempatan untuk mengenal dan beradaptasi budaya luar. Berbagi ilmu dan pengetahuan sesama mahasiswa. Serta mendapatkan koneksi dengan beberapa peneliti dan orang Indonesia yang ada di USA. Meskipun tidak mendapat kesempatan untuk menjadi pemenang, kesempatan ini menjadi sangat berharga dalam hidup saya dan mengembangkan pemikiran saya dalam dunia internasional”, pungkas Afif.

Latest News

  • ICOMMET 2022

    CALL FOR PAPER The 5th International Conference On Materials and Metallurgical Engineering and Technology (ICOMMET) 2022 Materials and Metallurgical

    06 Jul 2022
  • TRACER STUDY

    Ysh & Berbahagia Keluarga Besar Alumni Teknik Material & Metalurgi, ITS. Semoga kesuksesan selalu mengiringi perjalanan karier para alumni.

    10 Mei 2022
  • Cat Pelapis dan Stiker Antivirus yang Bernama CoFilm+

    Kepala Pusat Penelitian Material Maju dan Teknologi Nano Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) , sekaligus Dosen DTMM, Dr Agung

    07 Apr 2021