Pendaftaran

Ayo bergabung di Departemen Teknik Perkapalan

Program seleksi penerimaan mahasiswa Departemen Teknik Perkapalan dikelola secara terpadu oleh Direktorat Pendidikan ITS. Informasi selengkapnya, silahkan kunjungi laman ini.

Jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada ITS dilakukan melalui: (a) Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa; dan (b) Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN. Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN dapat melakukan seleksi mandiri dimana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.


Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Program ini ditujukan kepada siswa yang akan mendapatkan ijazah Pendidikan Menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat serta mempunyai prestasi akademik tinggi. Ketentuan umum keikutsertaan pada SNMPTN dapat diperoleh di laman resmi panitia (https://ltmpt.ac.id).


Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Program ini dapat diikuti oleh siswa lulusan Pendidikan Menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat; termasuk Paket C dan sudah memiliki ijazah. Ketentuan umum keikutsertaan pada SBMPTN dapat diperoleh di laman resmi panitia (https://ltmpt.ac.id).


Seleksi Mandiri : Seleksi Kemitraan, Mandiri dan Prestasi (SKMP)

Program ini dibagi menjadi 2 yaitu Program Kemitraan dan Program Mandiri:
Program Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.
Program Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.
Seleksi Prestasi diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan mempunyai prestasi atau penghargaan pada kegiatan seperti dibawah ini:

    1. Juara lomba tingkat provinsi, nasional dan internasional
      1. Olimpiade Sains
      2. Lomba Karya Ilmiah
      3. Olahraga
      4. Seni
    2. Ketua OSIS
    3. Penghafal Kitab Suci

Program Joint Degree (Gelar Ganda) DTP ITS dan MNU (Korea Selatan)

Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru Program Joint Degree Teknik Perkapalan dilakukan melalui jalur SKMP-ITS dan dapat diikuti oleh pendaftar dari SMA/MA/SMK sejenis.
Seleksi SKMP ITS TIDAK memerlukan ujian tulis, seleksi akan didasarkan pada nilai/skor yang diperoleh dalam ujian SBMPTN Tahun 2021 Kelompok Ujian Saintek atau Campuran. Selengkapnya dapat dilihat di link berikut (Pendaftaran SKMP)


International Undergraduate Program (IUP)

Program ini diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang ingin menempuh pendidikan sarjana di ITS dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam perkuliahan. Siswa yang tergabung dalam program ini akan mendapatkan kurikulum yang sama dengan program sarjana (S1) dan memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang bertaraf internasional sebagai berikut:

Study excursion

Internship in an international or multinational company

Student exchange

Summer/short course

Joint degree

Untuk keterangan dan persyaratan lebih lanjut tentang program ini dapat dilihat pada link berikut (IUP)


Daya tampung mahasiswa baru program sarjana  ITS untuk setiap program studi yang diterima melalui SNMPTN 30% (tiga puluh persen) pada setiap program studi, melalui SBMPTN 40% (empat puluh persen) pada setiap program studi dan melalui seleksi mandiri 30% (tiga puluh persen) pada setiap program studi.

Informasi mengenai persyaratan dan tata cara program seleksi penerimaan mahasiswa baru pascasarjana dapat dilihat pada website resmi :

Program Pascasarjana ITS 

The International Undergraduate Program (also known as IUP) is a bachelor program which implements English as the language of instruction. The program offers regular undergraduate curriculum and provides opportunities for students to take part in international activities in the form of:

  1. Study excursion
  2. Internship in an international or multinational company
  3. Student exchange
  4. Summer/short course

For further information about the requirements and how to apply, please click here