Profil dan Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Memiliki pengetahuan mendalam dan spesifik tentang metode matematika dan statistik, dan mampu menguasai, mengembangkan dan memanfaatkan model evaluasi yang kompleks dan terkini yang berkaitan dengan semua bidang teknik geomatika: geodesi & geodinamika; penginderaan jauh, GIS, dan fotogrametri; hidrografi & kelautan; dan surveying & kadaster
  2. Mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi kebumian dengan pendekatan interdisiplin dan multidisiplin yang mengintegrasikan hasil penelitian di bidang teknik geomatika: geodesi & geodinamika; penginderaan jauh, GIS, dan fotogrametri; hidrografi & kelautan; dan surveying & kadaster
  3. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, mengembangkan dan menyediakan penggunaan alternatif ilmu dan teknologi dalam teknik geomatika: geodesi & geodinamika; penginderaan jauh, GIS, dan fotogrametri; hidrografi & kelautan; dan surveying & kadaster untuk mendukung pembangunan di era informasi dan globalisasi.
  4. Mampu melakukan dan mengembangkan penelitian dan metode inovatif di bidang geomatika, baik yang ditujukan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, atau untuk diterapkan.
  5. Mampu mengelola penelitian untuk pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.
  6. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni di bidang sains dan teknologi yang menyangkut dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, mempersiapkan konsepsi ilmiah dan hasil studi berdasarkan aturan, prosedur dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk setara lainnya, dan diunggah di halaman perguruan tinggi, serta makalah yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima dalam jurnal internasional.
  7. Mampu beradaptasi dan bertransformasi seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi geospasial di lingkungan kerjanya.
  8. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan dengan rekan kerja, rekan-rekan dalam embaga yang lebih luas dan komunitas penelitian.
  9. Mampu melakukan validasi akademik atau studi sesuai dengan bidang keahliannya dalam memecahkan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Memiliki moral, etika, kepribadian dan komunikasi yang baik dalam setiap kegiatan dengan menghormati keragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama.
  12. Menunjukkan sikap tanggung jawab pada pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan dalam tim interdisiplin.