News

DELEGASI DEPARTEMEN TEKNIK GEOFISIKA-ITS PADA SAKURA SCIENCE EXCHANGE PROGRAM DI KUMAMOTO UNIVERSITY, JEPANG TAHUN 2017

Kam, 21 Feb 2019
8:38 am
Informasi
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

Deskripsi:

Sakura Science Exchange Program merupakan salah satu kegiatan internasional Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Indonesia yang bekerja sama dengan Kumamoto University, Jepang. Pada tanggal 21-29 Nopember 2017, program ini diikuti 2 dosen dan 8 mahasiswa ITS dan dilaksanakan di Kumamoto prefecture. Kegiatan ini didanai penuh oleh The Japan Science and Technology Agency (JST). Pada kesempatan ini, Mariyanto dari Departemen Teknik Geofisika terpilih sebagai delegasi dosen ITS di Sakura Exchange Program in Science.

 

Kesan:

Menjadi peserta Sakura Science Exchange Program di Kumamoto University merupakan pengalaman sangat berharga bagi saya. Melalui kegiatan ini saya dapat belajar tentang Jepang terutama mengenai sains dan teknologi yang ada di negara tersebut. Kegiatan ini bukan hanya disajikan dalam bentuk kuliah di dalam kelas tetapi juga dalam bentuk tur dan kunjungan ke lapangan. Materi yang diberikan berhubungan erat dengan kondisi terbaru yang ada di Kumamoto Prefecture seperti kegempaan, mitigasi bencana, pemanfaatan energi baru dan terbarukan, vulkanologi dan managemen sumber daya air. Peserta program ini juga berkesempatan untuk mengunjungi fasilitas ilmu kelautan di Amakusa, situs gempa di Mashiki, Gunung Aso, pembangkit listrik geotermal di Hatchobaru, fasilitas managemen air tanah di Kengun dan ekskursi di benteng Kumamoto. Seluruh kegiatan didampingi oleh para ahli dan pemandu yang dapat berbahasa jepang dan inggris sehingga sangat mudah untuk dipahami peserta. Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada panitia dari Kumamoto University yang telah menyusun kegiatan ini dan memberikan pelayanan terbaik kepada kami.

 

Pesan:

Saya berharap ITS dan Kumamoto University dapat meningkatkan kerja sama terutama dalam penelitian kolaboratif antar departemen. Melalui kegiatan Sakura Science Exchange Program yang telah diadakan, saya juga menginisiasi kolaborasi riset dengan mengajukan proposal kerja sama riset ke perwakilan Kumamoto University. Semoga Kumamoto University tertarik untuk menjalin kerja sama riset.

(Oleh: Mariyanto, Dosen dan Peneliti di Departemen Teknik Geofisika-ITS)

 

Marine Science Facility in Amakusa

Earthquake site in Mashiki

Geothermal power plant in Hatchobaru

Latest News

  • Guest Lecture “Mengenal Karakteristik Laut Indonesia”, oleh Dr. Anastasia Rita Tisiana Dwi Kuswardani

    Agenda Mingguan Teknik Geofisika ITS yang diselenggarakan pada minggu ketiga bulan April ini mengundang narasumber: Dr. Anastasia Rita Tisiana

    16 Apr 2021
  • [Ngabuburit] GeoRamadhan bersama Riki Irfan M.Si

    Gimana puasa kalian di minggu pertama ini ? Nih buat nemenin puasa sambil nunggu buka kalian, alangkah

    15 Apr 2021
  • International Pencak Silat Championship oleh Universitas Sebelas Maret

    Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan International Pencak Silat Championship dengan total hadiah 40 juta rupiah. Daftarkan dirimu di bit.ly/EarlyRegInternationalVirtual Post

    14 Apr 2021