DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
19 Agustus 2023, 19:08

Mobil Listrik Tanpa Awak (iCAR)

Oleh : adminwebits | | Source : -

iCAR

Ketua tim peneliti        : Dr. Rudy Dikairono, S.T., M.T., M.Sc.

 

Mitra Pengembang      :

  1. CV Sarana Teknik
  2. CV Manufaktur Robot Indonesia

 

Mitra Pengguna           :

  1. Beroperasi di Kampus ITS Surabaya

 

Deskripsi :

Intelligent Car (iCar) merupakan kendaraan bertenaga listrik yang memiliki kemampuan untuk pengendalian secara otonom tanpa pengemudi. Mobil iCar dijalankan dengan kombinasi teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT). Sistem kendali iCar terdiri dari banyak sub sistem yang cukup kompleks sehingga dapat berjalan secara otonom. iCar dapat menginterpretasi kondisi lingkungan dengan menggabungkan data-data dari sensor. Algoritma fusi sensor dirancang untuk saling melengkapi data sensor satu dengan lainnya. Perangkat lunak iCar dibuat sedemikian rupa supaya dapat berjalan dengan aman dan otomatis. Sebagai salah satu fitur keselamatan maka iCar akan berhenti jika algoritma mendeteksi anomali pada sistem.

 

Keunggulan teknologi :

 

  1. Autonomous level 4
    Mobil iCar dapat berjalan secara otomatis tanpa pengemudi dengan dilengkapi beberapa sensor yang canggih. Mobil dapat bergerak menuju tujuan dengan aman karena mobil mampu mengenali dan beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis.
  2. Intelligence Obstacle Avoidance
    Dilengkapi dengan beberapa gabungan sensor berupa Lidar, kamera stereo, dan radar ultrasonic sehingga mampu mengenali lingkungan di sekitar mobil dan dapat menghindar, berhenti dan melambat jika di depan terdapat objek yang menghalanginya. Sistem cerdas juga menjamin iCar dapat berjalan menuju tujuan dengan aman dan nyaman.
  3. Sistem Manajemen Baterai
    ICAR menggunakan baterai LiFePO4 dengan dilengkapi beberapa proteksi seperti active cell balancer, over voltage protection, dan lainnya. Icar dapat menempuh jarak maksimal 100 Km dalam sekali pengecasan, lama waktu pengecasan kurang lebih 6 jam.
  1. Peta kampus ITS
    Dilengkapi dengan peta lingkungan kampus ITS yang dapat membantu mobil berjalan sesuai rute yang sudah ditentukan serta membantu calon penumpang untuk memonitor posisi ICar saat sedang beroperasi melalui website dan aplikasi android.

 

Berita Terkait

  • Mobil Listrik Tanpa Awak (iCAR)

    Ketua tim peneliti        : Dr. Rudy Dikairono, S.T., M.T., M.Sc.   Mitra Pengembang      : CV Sarana Teknik

    19 Agustus 2023, 19:08
  • Tablet ITS (DigITS)

    Ketua tim peneliti        :  Dr Ir Achmad Affandi DEA   Mitra Pengembang      : PT ITS Tekno Sains

    19 Agustus 2023, 19:08
  • Robot RAISA

    Ketua tim peneliti : Dr. I Ketut Eddy Purnama, S.T., M.T. Mitra Pengembang dan Pemasaran : PT ITS Sains

    19 Agustus 2023, 19:08