DIKST

Directorate of Innovation and Science Techno Park
19 Agustus 2023, 19:08

Tablet ITS (DigITS)

Oleh : adminwebits | | Source : -

Ketua tim peneliti        :  Dr Ir Achmad Affandi DEA

 

Mitra Pengembang      :

  1. PT ITS Tekno Sains
  2. PT Panggung Electric Citrabuana

 

Mitra Pengguna           :

  1. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, KEMDIKBUDRISTEK RI

 

Deskripsi :

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi kebutuhan utama dua tahun terakhir sejak adanya pandemi. Sayangnya fasilitas untuk PJJ tersebut belum terpenuhi di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). ITS Tekno Sains bekerja sama dengan PT Panggung Electric Citrabuana mengembangkan tablet Digital Transformation Services of ITS (DigITS) untuk digunakan mahasiswa di daerah 3T.

 

Tablet digITS merupakan hasil penugasan program laptop merah putih yang diamanahkan oleh Kemendikbudristek RI, sekaligus mendapat penghargaan Anugerah Prioritas Nasional sebagai Perguruan Tinggi dengan Inovasi Bidang Perangkat Teknologi Merah Putih pada tahun 2022. Lima ribu (5000) produk telah dibagikan untuk mahasiswa di daerah 3T guna meningkatkan akses pembelajaran. Pengembangan tablet ini juga termasuk bagian dari serangkaian peningkatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) industri elektronik di Indonesia.

 

Berbagai layanan terdapat di tablet digITS ini. Layanan pertama adalah “digITS Apps”, dimana pengguna dapat memperbaharui aplikasi digITS pada perangkat secara berkala. Layanan ini serupa dengan “mini playstore” yang biasa ada di perangkat seluler Android. Nantinya berbagai aplikasi buatan para Inovator ITS akan dapat digunakan dan diunduh melalui DigITS. Layanan yang kedua adalah “SatuDikti”, sebuah platform yang terintegrasi untuk mendukung berbagai layanan pada perguruan tinggi dengan Dikti. Selanjutnya, adalah layanan katalog berisi materi perkuliahan dan pembelajaran digital berbagai program studi. Katalog ini dikurasi dari SPADADIKTI, yakni sistem pembelajaran daring milik Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi. Terakhir, adalah layanan “idREN” atau Jejaring Riset dan Edukasi Indonesia. idREN sendiri merupakan infrastruktur jaringan khusus yang menghubungkan institusi serta komunitas riset dan pendidikan di Indonesia. PT ITS Tekno Sains telah menyiapkan layanan kepada pemakai tablet digITS melalui website yang dapat diakses melalui digits.itsteknosains.co.id.

 

Keunggulan teknologi :

 

  1. Optimized Resource Utilization
    Tablet dirancang secara optimal dengan sumber daya yang tersedia, untuk digunakan sebagai solusi pembelajaran di daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar)
  1. Personalized Content
    Materi pembelajaran tersusun dalam tablet dalam proses produksi, sehingga pengguna tinggal memanfaatkan.
  1. Paten Sederhana
    S00202112152 Sistem tablet pembelajaran digital terpadu untuk daerah terpencil
  1. Merek digITS
    Merek digITS merupakan aset nasional yang memperkuat produk tablet ini sebagai Produk Dalam Negeri (PDN) dengan tanggungjawab layanan yang lebih terjamin.

 

Berita Terkait

  • Mobil Listrik Tanpa Awak (iCAR)

    Ketua tim peneliti        : Dr. Rudy Dikairono, S.T., M.T., M.Sc.   Mitra Pengembang      : CV Sarana Teknik

    19 Agustus 2023, 19:08
  • Tablet ITS (DigITS)

    Ketua tim peneliti        :  Dr Ir Achmad Affandi DEA   Mitra Pengembang      : PT ITS Tekno Sains

    19 Agustus 2023, 19:08
  • Robot RAISA

    Ketua tim peneliti : Dr. I Ketut Eddy Purnama, S.T., M.T. Mitra Pengembang dan Pemasaran : PT ITS Sains

    19 Agustus 2023, 19:08