Bachelor Thesis

Bachelor Thesis

  • Buku Panduan Program Studi Sarjana Studi Pembangunan, disini

  • Lampiran-lampiran Proposal TA Studi Sarjana Studi Pembangunan, disini

Penjelasan Alur Tugas Akhir Departemen Studi Pembangunan

Step

Deskripsi

Penjelasan

Kebutuhan & Persyaratan

Timeline

1 Formulir Rencana Studi (FRS) MPI Mahasiswa FRS mata kuliah MPI
  • IPK Minimal 3.7 (jika SEMPRO di Semester 6)
  • Transkrip nilai -> Tidak ada Nilai C
  • Sudah melaksanakan KP. Informasi KP -> disini 
  • SKS tempuh minimal 99 SKS
  • Sudah lulus MK METPEN (Kualitatif & Kuantitatif)
  • Surat izin penelitian dari Departemen & Mitra
Pekan FRS dibuka
2 Introduction
(Penulisan, metode, & teknik penulisan)

Kegiatan mahasiswa:

  1. Teknik penulisan Tugas Akhir
  2. Penentuan metode (Kualitatif & Kuantitatif, bukan mixed method)
  3. Output -> Kerangka Penelitian
  • Template kerangka Penelitian, disini
  • Panduan Skripsi/Tugas Akhir, disini
  • Template Proposal, disini
  • Template Skripsi/Tugas Akhir, disini
  • SOP Perizinan penelitian, disini
Pekan 1-2
3 Pengumpulan Kerangka Penelitian
  1. Pemaparan prosedur proposal & tugas akhir
  2. Pemaparan feedback dapat diakses pada link
  • Link pengumpulan kerangka Penelitian, disini
Pekan 2
4 Penentuan Dosen Pembimbing PIC Skripsi:

  • Menentukan dosen pembimbing sesuai kerangka penelitian yang telah di submit

Mahasiswa:

  • Pengajuan perubahan FRS kelas (sesuai dengan 4 MRK)
  • PIC hanya menentukan dosen pembimbing dari mahasiswa yang telah submit
    Kerangka Penelitian
  • Link list Pembimbing
Pekan 3
5 Pendaftaran myITS Thesis Mahasiswa mengajuan proposal di myITS Thesis Yang perlu diinputkan pada myITS Thesis:

  1. Judul
  2. Rencana Penelitian
  3. Kata Kunci
  4. Dosen Pembimbing yang telah di Plot pada step 4
Pekan 3
6 Proses Bimbingan Mahasiswa asistensi dengan dosen pembimbing
  • Bimbingan minimal 8x, logbook bimbingan dapat diajukan di myITS Thesis
Pekan 4-11
7 Pendaftaran
SEMPRO & Pengumpulan Naskah
Mahasiswa mendaftar Seminar Proposal di MyITS Thesis
  • Mahasiswa harus sudah:
    1. Lulus Kerja Praktik Terintegrasi  
    2. Menempuh SKS dengan jumlah minimal 99 SKS  
    3. Lulus Mata Kuliah Metode Penelitian
      (Kualitatif dan Kuantitatif)

    4. Pernah menjadi audiens
      dalam seminar atau sidang Kerja Praktik (KP) minimal 1 kali
  • Upload persyaratan adminstrasi di myITS Thesis
    1. Naskah Tugas Akhir
    2. Logbook bimbingan
    3. Hasil Ithenticate maksimal 24%. Cek Ithenticate
    4. Surat Permohonan Izin Pra-Penelitian dari Departemen, disini
    5. Surat Izin Pra Penelitian dari Mitra (apabila menggunakan penelitian kualitatif / penelitian kuantitatif dengan data primer)
    6. Lampiran lain-lain (Kuisioner, Pedoman Wawancara)
    7. Transkrip Nilai
    8. Bukti sudah Lulus Kerja Praktik
  • Mengumpulkan dokumen-dokumen cetak
    1. Naskah Proposal Tugas Akhir
    2. Loogbook Bimbingan (screenshot dari myITS Thesis)
    3. Hasil Cek Plagiarisme I-thenticate 1 halaman (maksimal 24%)
    4. Surat Permohonan Izin Pra-Penelitian dari Departemen & dari
      Mitra (Jika bermitra)
    5. Kelima dokumen tersebut dijilid jadi 1 (satu) (jilid mika bening)
      sebanyak 2 (dua) untuk yang dosen pembimbingnya hanya 1 (satu), atau
      3 (tiga) eksemplar apabila dosen pembimbing berjumlah 2 (dua).
  • Seminar Proposal bersifat terbuka, diwajibkan minimal 1 audiens
Pekan 11
8 Penentuan Jadwal Seminar Proposal (SEMPRO)
  • PIC Skripsi menjadwalkan & memploting Penguji Seminar Proposal
  • Mahasiswa mendapatkan jadwal
  • PIC hanya menjadwalkan mahasiswa yang telah mendaftar SEMPRO & lolos
    administrasi
Pekan 12
9 Pelaksanaan Seminar Proposal (SEMPRO)
  • Mahasiswa datang tepat waktu & berpakaian rapi
  • Mahasiswa mempresentasikan hasil Proposal Tugas Akhir
  • Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Penguji
  • Mahasiswa mencatat semua masukan dari dosen penguji
  • Proposal sudah fix & direvisi sesuai masukan dari dosen pembimbing
  • Slide presentasi (PPT) siap → Biasanya 10-15 slide
Pekan 13-14
10 Pengumpulan
Naskah Revisi setelah SEMPRO
  • Mahasiswa mengumpulkan naskah yang telah direvisi sesuai saran dari penguji.
  • Minta persetujuan pembimbing setelah revisi selesai
  • Kumpulkan proposal revisi
  • Siap lanjut ke penelitian setelah proposal disetujui
  • Mengumpulkan naskah hasil revisi Seminar Proposal di myITS Thesis
Pekan 15-16
11 Pelaksanaan dan Pelaporan Penulisan Tugas Akhir
  • Kumpulkan data sesuai metodologi (wawancara, eksperimen, observasi, atau
    studi pustaka)
  • Catat & dokumentasikan setiap langkah penelitian → Biar nggak lupa dan
    bisa dipertanggungjawabkan
  • Analisis data sesuai metode yang digunakan (statistik, coding kualitatif,
    atau pemodelan)
  • Konsultasi rutin dengan dosen pembimbing → Jangan nunggu sampai akhir baru
    konsultasi!
  • Telah lulus Seminar Proposal
Setelah revisi proposal
12 Pendaftaran
& Pengumpulan Naskah Sidang TA
Mahasiswa mendaftarkan Sidang Proposal TA di MyITS Thesis & mengumpulkan naskah
hardcopy untuk diujikan
  • Syarat lulus 7 Semester:
    1. Lulus MK MPI
    2. SKS tempuh 120 SKS
    3. Transkrip nilai (telah menyelesaikan/lulus MK Wajib)
    4. Sertifikat Lulus SKEM (100) -> IP Minimal (2.1), PKM, &
      Olahraga (2)
    5. Sertifikat Lulus TOEFL (477)
    6. Bukti sudah upload PKM di Student Connect
    7. Lulus Kerja Praktik Terintegrasi
    8. Ithenticate maksimal 24%
    9. Surat Izin Penelitian dari Departemen, disini
    10. Surat Izin Penelitian dari Mitra
  • Syarat mengikuti Sidang TA
    8 Semester, harus sudah
    :

    1. Bimbingan minimal 16x
    2. Sertifikat Lulus SKEM (100) -> IP Minimal (2.1), PKM, &
      Olahraga (2)
    3. Sertifikat Lulus TOEFL (477)
    4. Bukti sudah upload PKM di Student Connect
    5. Lulus Kerja Praktik Terintegrasi
    6. SKS tempuh 132 SKS
    7. Ithenticate maksimal 24%
    8. Lulus MK Metode Penelitian (Kualitatif & Kuantitatif) & MK
      Wajib
    9. Surat Izin Penelitian dari Departemen dan dari Mitra (jika
      bermitra), disini
    10. Surat Izin Penelitian dari Mitra
  • Upload Persyaratan Administrasi di
    myITS Thesis:

    1. Naskah Proposal Tugas Akhir
    2. Hasil Cek Plagiarisme I-thenticate 1 halaman (maksimal 24%), disini
    3. Surat Permohonan Izin Penelitian dari Departemen & Surat Izin
      Penelitian dari Mitra (Jika bermitra)
    4. Transkrip Nilai
    5. Sertifikat SKEM (100)
    6. Sertifikat TOEFL (477) yang masih berlaku
    7. Bukti Lulus Kerja Praktik Terintegrasi
  • Mengumpulkan dokumen cetak:

    1. Naskah Proposal Tugas Akhir
    2. Loogbook Bimbingan (screenshot dari myITS Thesis)
    3. Hasil Cek Plagiarisme I-thenticate 1 halaman (maksimal 24%), disini
    4. Surat Permohonan Izin Penelitian dari Departemen & Surat Izin Penelitian dari Mitra (apabila menggunakan penelitian kualitatif / penelitian kuantitatif dengan data primer)
    5. Transkrip Nilai
    6. Sertifikat SKEM (Minimal 100 dan telah lulus semua aspek)
    7. Sertifikat TOEFL (Min 477 atau setara 477 apabila konversi
    8. Lampiran tambahan berupa: Metode
      penelitian kuantitatif -> lampiran Hasil Olah Data. M
      etode penelitian
      kualitatif 
      lampiran -> Transkrip Wawancara (max 5 user) dan
      Dokumentasi Kegiatan (tidak boleh selfie).
    9. Biodata Peneliti
    10. Keseluruhan dokumen tersebut dijilid jadi 1 (satu) (jilid mika
      bening) sebanyak 3 (tiga) eksemplar apabila tidak terdapat Dosen
      Ko-Pembimbing, atau sebanyak 4 (empat) eksemplar apabila terdapat
      Dosen Ko-Pembimbing.
Pekan 13
13 Pelaksanaan Sidang TA
  • Mahasiswa datang tepat waktu & berpakaian rapi
  • Mahasiswa mempresentasikan hasil Penelitian
  • Mahasiswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Penguji
  • Mahasiswa mencatat semua masukan dari dosen penguji
  • Tugas Akhir/Skripsi sudah fix & direvisi sesuai masukan dari dosen
    pembimbing
  • Slide presentasi (PPT) siap → Biasanya 10-15 slide
Pekan 15-16
14 Pengumpulan Naskah Final Tugas Akhir
  • Mahasiswa mengumpulkan naskah yang telah direvisi sesuai saran dari penguji.
  • Minta persetujuan pembimbing setelah revisi selesai
  • Kumpulkan proposal revisi
  • Siap lanjut ke penelitian setelah proposal disetujui
  • Isi naskah baik softfile & hardfile:
    1. Skripsi (Lembar Pengesahan terbaru, lembar orisinalitas bahasa
      indonesia bermaterai)
    2. Surat izin penelitian (Departemen & Mitra)
    3. Logbook bimbingan dari myITS Thesis
    4. Ithenticate (1 halaman)
    5. Transkrip wawancara (mak 5)
    6. Artikel
    7. Biodata peneliti
  • Mengumpulkan naskah hasil revisi Sidang TA sesuai template, dikumpulkan
    dalam bentuk:

    1. Softfile di myITS Thesis
    2. Hardfile di front office sebanyak 1 eks
    3. Hardfile di perpustakaan 1 eks
Pekan 17-18
15 Yudisium Mahasiswa mendaftar Yudisium
  • Persyaratan Yudisium Departemen Studi Pembangunan, Klik disini
  • Template Bebas pustaka, disini
Jadwal dari Fakultas
16 Wisuda Mahasiswa mendaftar Wisuda di SI Akademik Dokumen administrasi Jadwal dari ITS