Program Studi

Studi Pembangunan

Program Sarjana Studi Pembangunan ITS adalah program studi yang menciptakan sinergi berbagai pendekatan penting dalam pembangunan yang bersifat utuh dan berkelanjutan. Hal ini memerlukan pendekatan interdisiplin yang mampu mensinergikan berbagai unsur pembangunan. Sinergi tersebut mencakup manajemen sumber daya, teknologi dan releansi dengan kearifan lokal serta pertimbangan lingkungan. Prodi Studi Pembangunan didesain untuk membekali mahasiswa tentang kompleksitas pembangunan tersebut.

Download Brosur disini

Latar Belakang

Perkembangan global, serta pertumbuhan yang masif dan sangat cepat di berbagai bidang, khususnya bidang teknologi, membawa serta masyarakat dan dunia pada situasi dan tantangan-tantangan baru. Sekarang dunia memasuki suatu era yang dalam perspektif tertentu disebut sebagai Revolusi Industri 4.0 atau yang kemudian dalam perspektif Jepang sebagai Revolusi Sosial 5.0, menuntut seluruh negara di dunia untuk mampu beradapatasi terhadap gerak perubahan tersebut agar dapat bertahan dan mengembangkan diri. Gerakan internasional pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di tahun 2030, sesuai dokumen Transforming our World: The 2030 menuntut 4 pilar pembangunan; sosial, ekonomi, lingkungan dan hukum, serta tata kelola pembangunan yang bersifat utuh dan berkelanjutan, memerlukan berbagai pendekatan interdisiplin yang mampu menisnergikan berbagai unsur dalam pembangunan. Hal tersebut inilah yang kemudian menjadi dasar/latar belakang pembentukan Departemen Studi Pembangunan ITS.

Visi & Misi

Visi Departemen Studi Pembangunan adalah menjadi program studi yang mengembangkan sinergi pembangunan sumber daya manusia, sumber daya alam dan teknologi dengan berbasis manajemen untuk mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Adapun misi Departemen Studi Pembangunan:

  1. Menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi meliputi: pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang studi pembangunan secara konsisten dan berkesinambungan.
  2. Mengintensifkan kerjasama dan jejaring dengan berbagai pihak yang berkepentingan dalam pembangunan nasional, meliputi lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.
  3. Menjalin kerjasama akademik dengan mitra perguruan tinggi di dalam dan luar negeri yang mengembangkan Program Studi Pembangunan (Development Studies) atau program sejenis guna peninggkatan kualitas keilmiahan.

Tujuan

Tujuan Departemen Studi Pembangunan adalah mencetak lulusan yang berkualitas, beretos kerja unggul, berkarakter luhur, yang memiliki kemampuan:

  1. Memahami dan menerapkan teori-teori pembangunan serta menganalisis isu-isu pembangunan dalam masyarakat.
  2. Merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi Community Development dan Corporate Social Responsibility.
  3. Mengkaji dampak globalisasi dan pembangunan (Development Impact Assessment), serta mengembangkan jiwa kewirausahaan.
  4. Mengembangkan paradigma pembangunan berwawasan maritim (Maritime-Based Development).

Keunggulan Program Studi

Keunggulan Program Studi Pembangunan ITS adalah fokus dan penerapan dalam menciptakan sinergi berbagai pendekatan yang memiliki peran yang vital dalam proses pembangunan nasional/internasional yang bersifat utuh dan berkelanjutan. Keunggulan tersebut menisnergikan pendekatan teknologi tepat guna, manajemen, relevansi dengan persoalan masyarakat lokal serta pemanfaatan dan pertimbangan keterbatasan lingkungan dan kearifan lokal, atau yang disebut dengan pendekatan Community-Based Technology and Development.

Informasi

  • Sistem Enterprise

      Sistem Enterprise (Lab. SE) berdiri pada semester gasal 2015/2016, menaungi beberapa mata kuliah pilihan bagi mahasiswa semester akhir

    15 Mar 2018
  • Manajemen Sistem Informasi

    Manajemen Sistem Informasi (MSI) Jurusan Sistem Informasi berdiri pada tahun 2015 bersamaan dengan terbentuknya 4 (empat) laboratorium lain yang dinaungi

    15 Mar 2018

APAKAH YANG MENJADI MINAT ANDA?

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.