News

Gedung Baru SEATRANS ITS

Kam, 26 Sep 2019
7:38 am
Berita
Share :
Oleh : Admin-Teknik Transportasi Laut   |

Progres gedung Departemen Teknik Transportasi Laut

Sesuatu yang ada di dunia ini pasti memiliki ciri khas atau keunikannya tersendiri, hal itu pun terjadi juga di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Setiap Fakultas maupun Departemen yang ada di ITS pastinya memiliki ciri khas atau ikon yang melekat pada dirinya masing-masing. Ikon ini biasanya berupa warna, gedung, nama tempat, dan lain-lain. Sama halnya dengan Departemen Teknik Transportasi Laut (DTTL) ITS yang pada 2020 mendatang, Seatrans akan menempati gedung baru.

Ikon baru DTTL ini terletak di seberang gedung milik tiga departemen Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) lainnya. Pengambilan posisi gedung baru Seatrans ini memang sudah dialokasikan untuk FTK oleh ITS, karena gedung yang ada di sekitar FTK sudah penuh dan tidak memungkinkan untuk pengembangan Seatrans.

Dikatakan oleh Christino Boyke SP, S.T., M.T., selaku dosen Departemen Transportasi Laut, pembangunan pertama merupakan pembangunan struktur gedung, kemudian dilanjutkan dengan aspek arsitekturnya. “Tidak terdapat kendala yang berarti, jika berjalan dengan lancar, tahun ini gedung Seatrans akan selesai,” tuturnya.

“Konsep dari gedung Seatrans sendiri dicetuskan oleh para Dosen DTTL,” jelasnya. Desainnya sendiri telah disetujui oleh pihak ITS dan telah memenuhi standar gedung ITS. Bentuk gedung ini nantinya akan menyerupai sebuah kapal layar yang memiliki banyak kaca, menunjukkan bahwa Seatrans berhubungan erat dengan dunia maritim. Sama seperti gedung di FTK, gedung baru milik DTTL nantinya akan memiliki empat lantai.

Di lantai pertama, akan terdapat 4 ruang kelas, dimana 3 kelas utama dapat disatukan apabila sekatnya dibuka. Sehingga, nantinya dapat dijadikan sebagai tempat untuk seminar atau pertemuan besar lainnya.

Lantai dua dinamakan sebagai Lantai Manajemen, di dalamnya terdapat ruangan untuk Kepala Departemen, Kepala Program Studi, Ruang Sekretaris Departemen, Ruang Tata Usaha, Ruang Sidang, serta Ruang Dosen. Selain itu, di lantai ini juga terdapat ruangan khusus, diperuntukkan Sekretariat Himpunan Mahasiswa Teknik Transportasi Laut (HIMASEATRANS). Lantai ini juga dilengkapi dengan Ruang Gambar dan Musholla.

Sedangkan pada lantai ketiga, terdapat Laboratorium Infrastruktur dan Pelabuhan, Laboratorium Transportasi Laut dan Logistik, dan Laboratorium Komputasi. Lalu di lantai teratas, terdapat Laboratorium Telematika Transportasi Laut dan ruang yang dapat dipakai mahasiswa untuk mengerjakan tugas akhir (TA) dan tesis. di Lantai 4 juga terdapat dua ruang kelas, yang nantinya digunakan oleh mahasiswa program pascasarjana, namun tidak menutup kemungkinan dapat digunakan untuk mahasiswa S1 juga.

Dengan adanya gedung baru ini, jadwal-jadwal Seatrans nantinya akan jauh lebih baik dan teratur daripada sebelumnya. “Dengan adanya fasilitas-fasilitas baru dan lengkap, semoga dapat memicu Mahasiswa Seatrans untuk lebih giat dalam belajar dan berprestasi lagi,” pungkas Boyke menyampaikan harapannya.

Penulis : Safira Rizkiah W. & Rena Sukmania R.
Editor : Yusri Rahmatul I.

Latest News

  • SEATRANS SUPER SAILING REBORN 2022 GOES TO LABUAN BAJO

    Bertajuk Seatrans Super Sailing (Triple S) Reborn, kegiatan tahunan Departemen Teknik Transportasi Laut ini kembali hadir setelah 2 (dua)

    23 Sep 2022
  • Perdana! Kuliah Tamu Luring setelah Pandemi Bersama Praktisi Korea

    Kampus ITS, Seatrans News –  Setelah melewati masa pandemi dengan seluruh kegiatan diadakan daring. Saat ini kegiatan perkuliahan dapat

    08 Jun 2022
  • Peringati Hari Jadi Ke-10, Departemen Teknik Transportasi Laut Luncurkan Buku SEATRANS X

    Kampus ITS, Seatrans News – Sebagai salah satu wujud syukur sekaligus perayaan hari jadi ke-10 Departemen Teknik Transportasi Laut

    11 Jan 2022