Library

EXPLORE YOUR KNOWLEDGE HERE
13 Februari 2020, 10:02

Kunjungan Studi Banding POLITEKNIK ILMU PELAYARAN (PIP) SEMARANG

Oleh : itsperpustakaan | | Source : -

Dalam rangka pengembangan bidang e-Journal dan perpustakaan di lingkungan Politeknik Ilmu pelayaran (PIP) Semarang, pada tanggal 12 Februari 2020 mengadakan studi banding ke Perpustakaan ITS. Peserta studi banding sejumlah 9 orang ini tiba di perpustakaan tepat pukul 11.20 WIB dan disambut oleh Kepala Perpustakaan ITS Edy Suprayitno didampingi oleh  jajarannya yaitu kasubbag LPP dan Supervisor Senior bidang Layanan Pemustaka dan bidang layanan Pengembangan digital.

Rombongan disambut di ruang Bibliotek lantai 2 yang merupakan ruang sidang/rapat milik perpustakaan ITS.  Acara dimulai dengan sambutan dan perkenalan dari masing-masing pihak, selanjutnya sambutan dari Kepala Perpustakaan PIP Semarang, Alfi Maryati yang menyampaikan maksud dari studi banding ini yaitu ingin mengetahui berbagai hal tentang Pengelolaan E-Journal yang meliputi : manajemen, pengelolaan naskah (upload) sampai terbit (publikasi), pedoman e-journal, kebijakan editorial, team editor dan reviewer dan hak cipta penulis. Disamping itu ingin pula mengetahui tentang Pengelolaan Perpustakaan yang meliputi : manajemen, pengembangan perpustakaan, pengolahan bahan pustaka (otomasi dan repositori), pelayanan pemakai,  literasi informasi dan pengembangan SDM.

Kepala Perpustakaan menyampaikan beberapa hal penting terkait pelayanan perpustakaan ITS  beserta sarana penunjangnya yang mungkin bisa dijadikan bahan masukan bagi tamu peserta studi banding. “ Yang terpenting bagi kami adalah menjaga image perpustakaan tetap baik , contohnya kami membuka perpustakaan tidak pernah lebih dari jam yang ditentukan demikian pula kami pun tidak pernah menutup lebih awal dari jam yang sudah ditetapkan” ujar ayah 2 orang anak ini.

Kemudian tanya jawab menjadi acara selanjutnya, banyak pertanyaan yang diajukan oleh ibu Alfi dan peserta lainnya, diantaranya pertanyaaan klasik yang sering menjadi problem semua perpustakaan di era milenial ini yaitu bagaimana meningkatkan kunjungan ke perpustakaan dengan berbagai tantangan yang dihadapi saat ini? Edy menjawab disamping pelayanannya ditingkatkan juga harus membuat ruangan-ruangan di perpustakaan ini menjadi lebih bagus dari segi tata letak dan juga teknologinya, sehingga membuat pemustaka merasa nyaman berada di perpustakaan.

Setelah melakukan foto bersama dan saling menyerahkan cendera mata, untuk lebih memperjelas dan mendalami hasil studi banding, maka dilanjutkan dengan library tour ke semua bagian dan layanan. (perpustakaan…cinta ITS).(yag)

Berita Terkait

  • Kunjungan Benchmarking UNDIKSHA (Universitas Pendidikan Ganesha)

    Perpustakaan ITS pada hari Jumat 18 November 2022 pukul 08.00 WIB kedatangan tamu dari  Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha)

    13 Februari 2020, 10:02
  • Jam Buka Perpustakaan

    Halo Siva ITS Mulai Bulan September 2022 ini Perpustakaan ITS Memiliki Jadwal jam Buka Yang Baru: Senin-Kamis : 07.30

    13 Februari 2020, 10:02
  • Open House Perpustakaan ITS 2022

      Alhamdulillah, Rangkaian Kegiatan Open House Perpustakaan ITS 2022 telah selesai dilaksanakan semoga apa yang sudah diberikan perpustakaan bermanfaat

    13 Februari 2020, 10:02
  • Kuis Online – Emerald

    Our quiz covers 6 easy questions and the answers can be found by following below instruction: How to join:

    13 Februari 2020, 10:02
Send Message
Hello,
You Need Help?