ITS News

Senin, 06 Mei 2024
19 Oktober 2009, 07:10

Ramah Lingkungan ala IT

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut Priyanto, green computing adalah perilaku menggunakan sumber daya komputasi secara efisien, dengan cara memaksimalkan efisiensi energi, memperpanjang masa pakai perangkat keras, meminimalkan penggunaan kertas, dan beberapa hal teknis lainnya. Romi Satrio Wahono kurang lebih setuju dengan hal tersebut. Dalam presentasinya, pendiri IlmuKomputer.com ini menjelaskan mulai dari cikal bakal green computing tersebut hingga tips green ala IT.

Tips green IT misalnya adalah sebuah mitos yang tidak benar apabila komputer sering dimatikan maka akan cepat rusak. Justru sebaliknya, semakin sering berada dalam posisi mati, komputer akan lebih awet. Karena itu ia menganjurkan mematikan komputer apabila tidak dipakai untuk menghemat energi juga. “Dan jangan menggunakan screen saver, karena screen saver tidak berarti power saver,” ujar Romi.

Ia juga menyebutkan beberapa tips lain untuk menghemat energi seperti mengurangi kadar backlight laptop sehingga lebih redup, mematikan bluetooth, wifi, serta mencabut flashdisk apabila tidak digunakan. Hal-hal tersebut ternyata menghabiskan energi yang cukup besar tanpa kita sadari. “Jangan lupa mengatur mode sleep agar laptop mati setelah beberapa menit tidak dipakai,” tambah pria kelahiran Madiun ini.

Romi juga sempat menyitir tentang tampilan layar putih pada website yang kita kunjungi, seperti Google misalnya. Karena putih adalah gabungan dari berbagai spektrum warna, tampilan layar berwana putih inilah yang paling boros energi. Ia menyebut situs blackle.com, sebuah situs dengan server pencari Google tetapi dengan tampilan layar berwarna hitam yang menurutnya lebih hemat energi. 

Di bidang pendidikan, pria yang juga menjabat sebagai dosen ini juga berusaha menerapkan green IT. Untuk mengurangi konsumsi kertas, ia hanya melayani pengumpulan tugas dari mahasiswanya via internet. Ia juga telah mempublish modul ajarnya berupa file di blog miliknya.

Di sisi lain Romi menyebut internet juga bisa menjadi ajang penerapan green IT kita. “Menggunakan internet untuk sesuatu yang produktif juga berarti menerapkan green IT," cetus pria humoris ini. Menurutnya jika kita menggunakan internet untuk sesuatu yang produktif, bukan untuk membuka situs yang aneh-aneh, dapat disimpulkan bahwa energi yang kita gunakan juga tidak terbuang percuma.

Ditemui di tengah acara, Ketua Panitia Seminar Wiryanto menyebutkan, selain Seminar Nasional Teknologi Schematics 2009 juga menghadirkan National Logic Competition dan National Programming Contest yang babak penyisihannya akan dimulai pekan depan. Di penghujung acara akan ada temu alumni Teknik Informatika yang sekaligus menutup acara Schematics 2009. (tyz/mtb)

Berita Terkait