ITS News

Senin, 20 Mei 2024
05 Mei 2024, 17:05

Bantu Masyarakat, LBMM ITS Gelar Servis Kendaraan Gratis

Oleh : itsbil | | Source : ITS Online
Proses servis kendaraan roda empat yang dilakukan oleh Lembaga Bengkel Mahasiswa Mesin (LBMM) ITS

Proses servis kendaraan roda empat yang dilakukan oleh Lembaga Bengkel Mahasiswa Mesin (LBMM) ITS

Surabaya, ITS News — Lembaga Bengkel Mahasiswa Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (LBMM ITS) kembali menyelenggarakan Engine Tune Up (ETU) 2024 di Lapangan Ole-Ole Ngagel Surabaya, Sabtu (4/5). Acara berupa servis kendaraan bermotor gratis ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa Teknik Mesin ITS kepada masyarakat.

Ketua pelaksana ETU 2024, Raditya Hendra Pamungkas menyatakan bahwa acara ini terbuka untuk masyarakat umum dengan melayani servis gratis kendaraan roda dua dan roda empat. Dengan total kuota 250 motor dan 25 mobil, ETU berkomitmen penuh untuk membantu masyarakat dalam mengoptimalkan mesin kendaraannya. “Meninjau, mesin kendaraan yang tidak dirawat dengan baik berisiko membahayakan pengendara di jalan,” ujarnya. 

Proses pengecekan persyaratan pendaftaran kendaraan untuk servis gratis oleh LBMM ITS

Proses pengecekan persyaratan pendaftaran kendaraan untuk servis gratis oleh LBMM ITS

Lebih lanjut, Radit menyebutkan jika tahun ini layanan servis gratis bagi kendaraan roda dua meliputi servis ringan, ganti oli, dan ganti busi. Servis yang sama pun dilakukan untuk kendaraan roda empat dilengkapi layanan ganti filter oli dan penambahan air radiator. “Proses yang dilakukan oleh tim mekanik LBMM ITS ini juga tidak lepas dari pantauan Toyota Home Service,” tambah Radit.

Meskipun sempat vakum akibat pandemi, kembali hadirnya acara ini menjadi bukti komitmen penuh pengabdian LBMM ITS kepada masyarakat. ETU juga bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) untuk mengadakan medical check up gratis bagi para pengendara. “Sembari menunggu servis kendaraan, pengendara dapat berkonsultasi terkait kesehatannya dengan mahasiswa FK Unair,” tambahnya. 

Proses pemeriksaan kesehatan para peserta Engine Tune Up (ETU) 2024 oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair)

Proses pemeriksaan kesehatan para peserta Engine Tune Up (ETU) 2024 oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair)

Tak hanya itu, kegiatan ini juga memberikan layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) oleh Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Colombo Surabaya. Ada juga bazar dan konser musik yang menemani para pengendara menunggu servis kendaraannya. “Dengan adanya berbagai side event ini diharapkan masyarakat bisa puas dengan pelayanan yang ETU berikan,” ungkap mahasiswa angkatan 2021 itu.

Di sisi lain, Anto, salah pengemudi ojek online yang turut mendaftarkan motornya di ETU 2024 juga menyebutkan jika servis gratis ini sangat membantu. Baginya, kegiatan ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi para pengendara, terutama pengemudi ojek online yang sehari-hari menggunakan motornya untuk mencari nafkah. “Semoga kegiatan ini dapat diadakan setiap tahun agar semakin banyak pengendara yang terbantu,” tutup Anto penuh harap. (*)

 

Reporter: Nabila Hisanah Yusri
Redaktur: Regy Zaid Zakaria

Berita Terkait