ITS News

Minggu, 05 Mei 2024
18 Juli 2008, 10:07

Sosialisasikan Semen Masa Depan, Ajak Mahasiswa Berinovasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ratusan mahasiswa dari berbagai universitas memenuhi ruang sidang Teknik Sipil. Acara hasil kerjasama PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan jurusan Teknik Sipil ITS ini membahas tentang teknologi semen masa depan. Pembicara dalam acara tersebut adalah Dr Ir Sri Roosyanto MM sebagai Quality Assurance and Research Division PT Indocement, dan Daniel Kundjono Adam sebagai Manager Sales and Marketing Division.

Semen merupakan hal yang tidak dapat terpisah dalam pembuatan kontruksi bangunan. Seiring dengan perkembangan zaman, upaya untuk memperbaiki kualitas semen pun semakin ditingkatkan. Diantaranya dengan pembuatan semen ramah lingkungan. Semen tersebut merupakan blended cement.

Blended cement adalah semen yang ramah lingkungan. Umumnya, semen memberikan kontribusi CO2 yang mencemari lingkungan sebesar lima persen. Namun, blended cement memberikan kontribusi kurang dari lima persen. ”Jadi tidak terlalu mencemari lingkungan,” papar Roosyanto.

Keunggulan lainnya, semen ini juga dibuat dari limbah pabrik. Limbah tersebut salah satunya berasal dari flyash, yaitu abu yang didapat dari pembakaran batu bara di PLTN. Blended cement sendiri sudah dipasarkan selama dua tahun di seluruh Indonesia.

Selain menjelaskan tentang semen ramah lingkungan, PT Indocement juga menyosialisasikan kompetisi Indocement Award. Kompetisi yang mengajak mahasiswa untuk berinovasi tersebut terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Writing Competition Award, Concrete Competition Award, dan Architectural Artwork Competition Award. Saat ini pendaftaran untuk ketiga lomba tersebut telah dimulai. ”Adanya award semacam ini merupakan wujud apresiasi PT Indocement kepada para consumer dan developernya,” ucap Daniel, Manager Sales and Marketing Division PT Indocement. (nrf/asa)

Berita Terkait