ITS News

Senin, 06 Mei 2024
09 Mei 2008, 10:05

Siswa SMAN 2 Madiun Kunjungi ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam menentukan pilihan yang sesuai dengan minat bukan sesuatu yang gampang, hal ini yang menjadi latarbelakang kunjungan SMAN 2 Madiun. Seperti yang disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 2 Madiun, Agus Susilo SPd bahwa banyak dari siswanya masih bingung dengan prosedur jalur masuk ke perguruan tinggi dan biaya kuliah. "Sebenarnya kedatangan kita untuk mengetahui secara jelas di ITS ini jalur masuknya ada berapa dan yang paling penting mengenai biaya," ujar Guru yang mengajar bidang studi Fisika ini.

Agus mengungkapkan terutama menyangkut biaya perkuliahan merupakan sesuatu yang sering dipertanyakan orangtua siswa. "Kita mohon info dari ITS dan kebetulan siswa yang hadir di ITS ini berminat sekali untuk kuliah di ITS," ungkapnya. Kunjungan semacam ini merupakan program kerja OSIS SMAN 2 Madiun yang rutin digelar tiap tahunnya. Selain ITS, siswa-siswa SMAN 2 Madiun juga berkunjung ke Unair dan UGM dalam waktu yang bersamaan.

Merespon permintaan mengenai pemaparan info mengenai jalur masuk, R Haryo Dwito Armono ST MEng PhD menjelaskan jalur PMDK ITS yang terdiri dari PMDK Reguler, Berbeasiswa, Berprestasi, Kemitraan dan Mandiri. "Masuk jalur PMDK ITS ini haruslah yang berprestasi dan cerdas, kita pasti selektif dalam memilih calon mahasiswa yang masuk dalam lima jalur PMDK itu," tandas dosen Teknik Kelautan ini.

ITS juga menyediakan jalur PMDK berbeasiswa khusus bagi calon mahasiswa yang tidak mampu, tahun ini kita telah menerima calon mahasiswa PMDK yang pengumumannya tanggal 30 April lalu, lanjutnya.

Haryo juga menjelaskan selain ada jalur PMDK yang merupakan jalur bebas tes ada satu jalur lagi yakni melalui SPMB bagi yang ingin masuk program S1. "Kalau masuk melalui jalur ini, kita harus mempersiapkan segalanya seperti belajar dan tentunya pandai-pandai melihat prosentase diterima sesuai dengan jurusan yang dipilih," terang pria yang juga menjabat Pembantu Dekan IV Fakultas Teknologi Kelautan ini.

Acara berlanjut dengan menonton beberapa video yang berisikan profile ITS, video ini banyak mengundang detak kagum siswa SMAN 2 Madiun yang terlihat begitu antusias. Tayangan berdurasi 10 menit ini juga menampilkan prestasi-prestasi ITS seperti Juara Robot, Maritime Challenge, hingga terpilihnya Puteri Raemaswati sebagai Putri Indonesia 2007. Tidak lupa beberapa Brosur dan Majalah ITS Point ikut dibagikan keseluruh rombongan.

Kemudian kunjungan ini diteruskan dengan jalan-jalan di sekitar Lingkungan ITS. Mulai melewati gedung perpustakaan hingga gedung Student Comunity Center (SCC) dan berakhir di jurusan Teknik Elektro. Menurut Agus, banyak dari siswa-siswa minta untuk berkunjung ke Elektro. "Ini permintaan siswa, kita cuman nurutin aja, kebetulan mereka juga banyak yang tertarik untuk berkuliah di jurusan itu," imbuh Agus.

Beberapa siswa begitu antusias dalam kunjungan ke ITS ini. Iqbal Rizki misalnya, ia mengaku senang berkunjung di ITS, menurutnya berkuliah di ITS menjadi kebanggaan tersendiri. "ITS menduduki peringkat diatas beberapa universitas lain, dan terbaik di Jatim itulah yang bikin saya tertarik untuk masuk ITS," katanya.(fn/asa)

Berita Terkait