ITS News

Senin, 06 Mei 2024
19 Maret 2008, 12:03

Kenalkan ICT Lewat Workshop dan Lomba Blog

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk pertama kalinya, MMC dan PENS ITS bekerja sama menggelar Workshop ICT. Acara ini berlangsung selama tiga hari sejak Senin (17/3). Pembicaranya berasal dari praktisi informasi dan teknologi yang rata-rata merupakan mahasiswa PENS ITS.

Bertempat di Gedung Perpustakaan ITS Lantai 2, terdapat empat kali workshop yaitu workshop PHP dan MySQL dan website berbasis flash pada hari pertama, flashgame dan photoshop pada hari kedua, pengenalan i studio open source dan linux pada hari ketiga. Peserta pelatihan adalah dari kalangan pelajar, guru SMP dan SMA, pegawai dan yang terbanyak dari mahasiswa ITS sendiri.

Tak hanya workshop, panitia juga menggelar lomba membuat blog di Gedung Perpustakaan ITS Lantai 1. Lomba ini diikuti oleh pelajar SMP dan SMA se-Surabaya.
ICT merupakan suatu teknologi informasi dan komunikasi yang memudahkan orang untuk berkarya lewat komputer. Ilmu ini memilki peran yang sangat penting bagi komunikasi komputer. Pada dasarnya ICT mempunyai cakupan yang sangat luas. Namun dalam workshop ini dibatasi hanya beberapa program saja.

Syaiful, sie Pubdok, menjelaskan program PHP dan MySQL merupakan bahasa pemrograman untuk membuat website dan MySQL adalah data base. Program PHP dan MySQL digunakan untuk membuat website yang dinamis, bisa berubah setiap saat. Selain itu, dalam workshop ini juga diberikan pelatihan membuat website dan game yang berbasis flash, yakni seluruh keseluruhan efek animasinya menggunakan flash.

Sedang program i studio open source digunakan untuk memanfaatkan koneksi internet untuk membuat video streaming dan open meeting. “Jadi kita bisa melihat wajah teman chatting kita, “ papar Syaiful.

Menurut Syaiful, penguasaan ICT di kalangan mahasiswa ITS masih relatif kecil. ”Kebanyakan mahasiswa ITS masih jarang menggunakan ICT,” imbuh mahasiswa jurusan D3 Elektro Industri PENS ITS semester enam ini.

Sementara itu, dalam workshop ini panitia mengundang perwakilan SMP dan SMA se-Surabaya. Acara ini rencananya akan dilanjutkan dengan Seminar ICT yang dihadiri Menteri Komunikasi dan Informasi Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA di Gedumg Pasca Sarjana ITS, Kamis (20/3).(nrf/jie)

Berita Terkait