ITS News

Senin, 13 Mei 2024
22 Agustus 2007, 18:08

Menteri ESDM Berikan Studium General di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kedatangan Purnomo kali ini termasuk istimewa, selain untuk memberikan studium general kepada mahasiswa baru pascasarjana ITS, Purnomo juga dijadwalkan untuk menjadi penguji eksternal promosi doktor Ibrahim Hasyim. Menteri yang juga seorang guru besar di salah satu universitas di Jakarta ini memberikan ceramah mengenai pemanfaatan energi dan pengembangan energi yang ramah lingkungan.

Dalam ceramahnya Purnomo menegaskan pentingnya pengembangan pemakaian energi yang terbarukan, seperti halnya penggunaan bahan bakar non-fosil yang muilai marak beberapa waktu terakhir. Purnomo juga menginginkan perguruan tinggi sebagai ujung tombak riset energi yang terbarukan ini, ”Apalagi ITS kan kampus teknologi, jadinya harus bisa mengembangkan sumber energi alternatif ini”, harap Purnomo.

Selama ceramahnya Purnomo juga banyak memberikan fakta-fakta yang berkaitan dengan pemakaian energi di Indonesia yang mutakhir. Salah satunya Purnomo menyebutkan bahwa perusakan hutan memberikan kontribusi kerusakan udara yang lebih besar daripada emisi buang gas yang merugikan.

Rektor ITS Dukung Riset Energi
Secara terpisah Rektor ITS, Priyo Suprobo, juga mengatakan menyambut baik keinginan Purnomo untuk menjadikan ITS sebagai pusat riset energi terbarukan. Priyo sendiri menegaskan bahwa saat ini ITS memiliki perhatian yang cukup tinggi terhadap pengembangan energi dan kelautan. ”Kita akan memproyeksikan ITS sebagai pusat pengembangan energi yang ramah lingkungan,” ungkap Probo.

Dalam kesempatan kali ini Probo juga mendapatkan sebuah paket buku mengenai energi yang dikarang oleh Purnomo sendiri,”Ini untuk mahasiswa ITS, semoga pengembangan energi di ITS dapat terealisasi,” ujar Purnomo sembari menyerahkan tiga judul buku ditangannya. ap

Berita Terkait