ITS News

Sabtu, 25 Mei 2024
13 Mei 2024, 19:05

Siapkan Karier Kerja melalui Talkshow Self Development Course 2024

Oleh : itsnab | | Source : ITS Online
Bagus Pramudita saat menjelaskan materi career development

HRD PT Prima Unggul, Bagus Pramudita saat menjelaskan materi career development 

Kampus ITS, ITS News — Pengembangan karier merupakan langkah penting bagi mahasiswa dan fresh graduate dalam mempersiapkan dunia kerja yang kompetitif. Sebagai salah satu wadah pengembangan karier, Indonesian Corrosion Association (Indocor) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menghelat Talkshow Career Preparation & Career Development pada Sabtu (11/5)

Kegiatan yang masuk dalam program Self Development Course (SDC) 2024 ini merupakan pelatihan softskill dalam rangka menyiapkan dan mengembangkan karier mahasiswa. Kali ini, Indocor ITS turut menggandeng komunitas Kejar Mimpi Surabaya dan laman pendidikan Jobhun dalam menggaet audience. Terbukti berhasil, tidak hanya mahasiswa dan fresh graduate ITS, tetapi beberapa masyarakat umum pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

Diawali dari pakar pengembangan organisasi dan HR System di perusahaan SuperApp, Vicky Amirullah menyampaikan pentingnya persiapan karier di era ketidakpastian pada dunia kerja. “Ketidakpastian itu tersebut karena perubahan lingkungan kerja dan perkembangan teknologi yang pesat, serta ketidakseimbangan antara jumlah lulusan dan lowongan pekerjaan yang tersedia,” tuturnya. 

Vicky Amirullah saat memberikan materi career preparation pada talkshow SDC

HR System di perusahaan SuperApp, Vicky Amirullah saat memberikan materi career preparation pada talkshow SDC 2024

Lebih lanjut, Vicky menekankan bahwa eksplorasi diri dan pengembangan keterampilan menjadi langkah awal untuk mengatasi kecemasan dan kebingungan dalam mempersiapkan karier. Seperti para pelamar harus aktif dalam memperluas jaringan profesional dengan menghadiri acara industri, bergabung dengan organisasi profesional, dan memanfaatkan platform seperti platform LinkedIn.

Alumnus Universitas Airlangga ini menyoroti kesalahan umum pelamar dalam mencari pekerjaan. Mereka cenderung membatasi diri pada satu bidang tanpa mempertimbangkan kemampuan di luar bidang tersebut. Selain itu, penyusunan curriculum vitae (CV) yang tidak profesional seperti format foto hingga data diri yang tidak lengkap. “Salah satu cara untuk memperbesar peluang kerja yaitu dengan menyiapkan dengan sebaik mungkin,” tegasnya. 

Dalam sesi berikutnya, HRD PT Prima Unggul, Bagus Pramudita turut menyampaikan konsep pengembangan karir. Menurutnya, langkah awal dalam perencanaan karir adalah mengenali berbagai jenis pekerjaan yang tersedia. Dilanjutkan dengan pemilihan jalur karier untuk menyusun rencana tindakan karir yang terperinci untuk mencapainya. 

Antusiasme peserta dalam Self Development Course (SDC), melibatkan mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan dari luar ITS, dengan beragam tingkatan pendidikan mulai dari semester awal hingga lulusan perguruan tinggi.

Antusiasme peserta dalam Self Development Course (SDC) 2024 

Lebih dalam, menurut Bagus, konsep diri yang positif dan personal branding yang baik dapat memperluas peluang. Melalui enam strategi kunci dalam membangun personal branding, pelamar dapat lebih mudah dikenali, dipercaya, dan dipilih. “Dalam dunia kerja penting untuk membangun citra diri yang baik,” tambah alumnus Universitas Narotama ini.

Terakhir, acara yang diselenggarakan di Aula BG Munaf Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi para peserta. Diharapkan dapat meningkatkan kualitas diri dan bersiap dalam menghadapi tantangan di masa depan. Seiring dengan hal tersebut, pengembangan profesi dan karier akan dapat terus bertumbuh di tengah dinamika dunia kerja yang terus berubah. (*)

 

Reporter: Nabila Rahadatul Aisy Koestriyaningrum
Redaktur: Rayinda Santriana U S

Berita Terkait