ITS News

Senin, 13 Mei 2024
21 Agustus 2007, 09:08

IPT Ajak Maba Kenali ITS Lebih Dekat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Serius tapi santai. Itulah suasana yang tergambar pada mahasiswa baru yang mengikuti rangkaian acara Informasi Perguruan Tinggi (IPT) di Teater A, Selasa (21/8). Mereka begitu tertarik menyimak materi Kemahasiswaan dan Tata Kehidupan Kampus yang disampaikan Ir Heru Lumaksono.

Mengikuti materi ketiga setelah Pengenalan ITS dan Pendidikan Administrasi Akademik dan Umum, dengan waktu jeda yang terbatas membuat mahasiswa baru sedikit kelelahan. Namun, dengan penyampaian yang menarik oleh Heru, menjadikan suasana teater A semakin hidup. Semangat mereka kembali lahir saat sesi tanya jawab berlangsung. Ternyata masih banyak informasi yang dibutuhkan mereka.

Secara umum, materi pelaksanaan IPT mencakup pengenalan-pengenalan mulai dari pendidikan tinggi di Indonesia, kegiatan akademik di ITS, nilai budaya dan etika, ormawa, layanan mahasiswa, dan penyesuaian diri terutama terhadap jurusan masing-masing.

Dalam keputusan rektor ITS disebutkan, bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya IPT diantaranya untuk membantu mempercepat adaptasi mahasiswa terhadap lingkungan belajar mereka di jurusan masing-masing tanpa kekerasan. Kemudian, mahasiswa baru diharapkan mengenal secara dini peran dan fungsi pendidikan tinggi. IPT ini juga memberikan pengetahuan terkait wadah dalam menyalurkan bakat dan minat mereka melalui Organisasi Kemahasiswaan yang ada di ITS.

Saat ditemui seusai mengisi materi, Ir Heru Lumaksono MT mengatakan begitu pentingnya pengenalan akademis maupun aturannya, sehingga membuat mahasiswa baru harus belajar lagi untuk betul-betul paham kondisi kemahasiswaan di ITS. ”Untuk itu, bantuan dari Ormawa sangat diharapkan untuk dapat membekali dan membimbing mahasiswa baru ini lebih jauh lagi,” ujar Heru.

Di sesi terakhir hari pertama, materi diisi  penuh oleh ormawa ITS. Mulai dari Badan Ekskutif Mahasiswa, Lembaga Mahasiswa, dan Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya yang ada di ITS pun berkesempatan untuk menjelaskan kedudukan dan perannya masing-masing kepada maba. Materi hari pertama akhirnya ditutup dengan memperkenalkan Hymne ITS yang dipandu Lembaga Minat dan Bakat (LMB) Paduan Suara Mahasiswa (PSM).

”Materinya sih bagus dan sangat kami perlukan. Dengan informasi seperti ini, kami dapat mengetahui apa-apa yang harus dilakukan nantinya. Hanya saja, ke depannya kegiatan ini jangan hanya diisi materi saja, terasa membosankan dan jenuh,” komentar Arika Pradana, mahasiswa baru dari Teknik Industri. (Zn/th@)

Berita Terkait