ITS News

Selasa, 14 Mei 2024
20 Agustus 2007, 09:08

Training Pengajaran KBK Untuk Dosen ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut ketua panitia Training of Trainer –Kurikulum Berbasis Kompetensi (TOT-KBK) ITS, Dra Hormami MS, mengatakan acara yang digelar dua hari sejak Senin (20/8) ini ditujukan dalam rangka program percepatan KBK di ITS. ”Peserta diambil dari dua dosen perwakilan per jurusan, yang mana nantinya beliau akan jadi trainer dosen lain pada masing-masing jurusan,” papar Hormami.

Materi yang diberikan dalam training ini, dititik-beratkan pada Student Centered Learning (SCL). ”SCL artinya pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Di sini diperlukan perubahan paradigma mereka agar menjadi mahasiswa yang aktif,” ungkap koordinator diklat P3AI ini.

Sementara itu, dalam penjelasannya, Dr Paulina Pannen, mengungkapkan bahwa tiap dosen dan guru mempunyai seni mengajar sendiri. ”Seni ini nggak bisa dibeli di sekolah manapun. You know better for them,” tandasnya. Menurut pengajar Universitas Terbuka (UT) ini, jika ada mahasiswa yang tidak tanya hendaknya itu bukan selalu pertanda positif. ”Lihat siswa mana yang masih bengong, jangan terus kesenangan kalau nggak ada yang tanya,” komentarnya.

Dalam training ini diputarkan pula empat video pengajaran singkat dari sebuah universitas di Bandung. Diantara video itu ada yang berjudul Bad Beginning, Bad Ending dan Discussion. ”Universitas ini mengangkat tema Striving for Excellent. Silahkan teman-teman mengkritisi dan berkomentar,” ujar Paulina.

Dalam video ini dapat dilihat sistem SCL. ”Pengajaran yang berbasis SCL atau KBK, harusnya yang lelah mahasiswanya, bukan dosen. Jadi kalau kelasnya besar 70 siswa, maka nggak usah khawatir, tapi butuh penanganan yang beda. Kalau standar kelas internasional itu 20 siswa per kelas, tapi saya menerapkan 30 siswa per kelas,” pungkas Paulina. (th@/jie)

Berita Terkait