ITS News

Selasa, 14 Mei 2024
17 Agustus 2007, 18:08

Peringati Kemerdekaan, Ajak Tingkatkan Etos Kerja

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bendera merah putih berkibar gagah, diiringi lantunan lagu Indonesia Raya. Dengan aba-aba pemimpin upacara peserta upacara dengan khidmat memberikan hormat. Suasana di lapangan depan Perpustakaan Pusat ITS pun berubah menjadi tenang. Namun aura yang penuh semangat nampak pada wajah-wajah yang pagi itu mengikuti upacara bendera.

Berbaris membentuk formasi setengah persegi, wakil-wakil dari lima fakultas di ITS terlihat berbaris rapi. Tak ketinggalan pula di sana wakil dari PPNS ITS, PENS ITS, Pramuka ITS, dan mahasiswa turut serta mengikuti prosesi jalannya upacara

Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD, dalam sambutannya ketika memberikan amanat upacara menegaskan bahwa bangsa Indonesia selama 62 tahun ini telah mengalami banyak dinamika. "Namun, dinamika tersebut hendaknya menjadi pendorong agar nilai-nilai kebangsaan dan persatuan tetap terjaga," ungkap Probo.

Kemudian, selaras dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-62 yakni Dengan Semangat Persatuan Dan Etos Kerja, Kita Percepat Pertumbuhan Ekonomi Dan Penanggulangan Kemiskinan Untuk Mewujudkan Keadilan Dan Kesejahteraan Bagi Rakyat Indonesia, Probo mengajak kepada civitas akademika untuk lebih bersemangat dalam meningkatkan etos kerja.

"Khususnya kepada generasi muda, kalian dituntut untuk lebih bersemangat dalam membangun etos kerja. Yang kemudian diharapkan dengannya, kita mampu mengurangi tingkat kemiskinan di negeri ini," tutur Probo.

Lebih lanjut, dengan adanya momen peringatan hari Kemerdekaan RI ke-62 ini, Probo juga mengajak peserta upacara untuk mengaktualisasikan jiwa dan semangat proklamasi dalam bentuk karya nyata. "Tentunya dengan tanpa melupakan pentingnya sosioresponsibility. Karena dengannya pula kita akan mampu menjaga persatuan," tegasnya.

Tidak seperti upacara biasa, upacara hari Kemerdekaan di ITS juga diisi dengan penganugerahan penghargaan kepada pegawai ITS yang memperoleh Satya Lencana Karya Satya dari pemerintah. Tak ketinggalan pula pemberian pemberian penghargaan bagi dosen dan mahasiswa berprestasi.

Disebutkan, ada 97 mahasiswa berprestasi yang berhak mendapatkan penghargaan dari institut. Jumlah tersebut jika dikelompokkan per fakultas rinciannya adalah berikut, 11 orang dari FMIPA, 42 orang dari FTI, 11 orang dari FTSP, 1 orang dari FTK, 2 orang dari FTIf, 2 dari PPNS, dan 28 orang dari PENS ITS.(f@y/tif)

Berita Terkait