ITS News

Minggu, 05 Mei 2024
12 Mei 2007, 10:05

Pertama, Juarai LKTI Statistik Nasional

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam LKTI Statistik tingkat nasional yang dihelat oleh UGM, 3 Mei lalu, tim dari ITS berhasil mengalahkan Perguruan Tinggi lain. Ini adalah kali pertama ITS menyabet gelar juara pada event tersebut. Berturut-turut juara dua dan seterusnya (setelah ITS), lomba karya tulis ini dimenangkan UGM, Unpar dan Undip sebagai juara harapan I.

Mengambil judul karya tulis "Pemodelan Indeks Saham BNI Ditinjau Dari Variabel Makro Ekonomi Dengan Menggunakan Metode Fungsi Transfer", tim ITS yang terdiri dari tiga mahasiswa juruisan Statistika, telah mengalahkan tuan rumah. ”Sebenarnya penelitian sebelumnya sudah ada, hanya saja masih belum signifikan,” tandas ketua tim, Mochammad Slamet.

Menurut Slamet yang juga Presiden BEM FMIPA ini mengatakan, dari penelitian yang dilakukan timnya tenyata ada tiga komponen yang signifikan mempengaruhi ISBNI (Indeks Sahan BNI) yaitu nilai kurs, valuta asing (valas), dan posisi deposito. ”Untuk variabel IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan), tenyata pengaruhya kecil, sehingga asumsinya dabaikan,” papar mahasiswa asal Bangkalan ini.

Selain itu, sebagai indikator tingkat ketepatan, timnya juga melakukan peramalan (forecasting). ”Karena data tahun 2006 belum muncul, makanya kami melakukan forecasting dan membandingkan ketepatannya tahun 2006 ketika datanya sudah muncul,” imbuh Slamet.

Slamet pun menegaskan bahwa kejuaraan untuk Statistika ini merupakan kali pertama yang diraih. ”Ini pertama kalinya, semoga dapat menjadi motivator buat yang lain,” harapnya. Dari kejuaraan ini, timnya pun berhak memperoleh trophy Gubernur Yogyakarta, uang 1,5 juta rupiah serta satu tiket mengikuti seminar nasional UGM. (th@/jie)

Berita Terkait