ITS News

Senin, 06 Mei 2024
18 Desember 2005, 19:12

Muslat PPKM, Latih Mahasiswa ITS Kritisi Sosial-Politik

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Walau muslat untuk lomba PPKM belum pernah diagendakan di ITS, hal ini tak mengurangi antusias para mahasiswa untuk datang dan mengikutinya. Terbukti puluhan mahasiswa sudah hadir di Gedung Rektorat lantai dua sejak sore itu. “Muslat untuk PPKM memang baru pertama kali diadakan oleh ITS,” ungkap salah satu panitia mengiyakan. Seperti diketahui, ITS mulai memasukkan beberapa judul karya tulis PPKM tersebut ke DIKTI tahun kemarin (2004, Red). Namun belum ada yang menang.

Presentasi Pemikiran Kritis Mahasiswa sendiri adalah jenis karya tulis yang berisi ide maupun gagasan dalam menanggapi kebijakan pemerintah. Ada tiga bidang yang dilombakan yakni politik-keamanan, perekonomian, dan kesejahteraan rakyat.

Diakui Prof Drs Nur Iriawan MI Komp PhD, mahasiswa ITS memang tidak dibekali mata kuliah di ketiga bidang tersebut. Namun ia berharap kekritisan mahasiswanya yang selama ini aktif dalam kegiatan sosial-politik dapat ditunjukkan disana. “Setidaknya ada satu karya kita dari tiap bidang yang lolos ke Jakarta,” harapnya di tengah pelatihan

Pelatihan ini pun berlangsung dalam suasana santai. Pada hari pertama, Jumat (16/12) sore, mereka dibekali dengan penjelasan tentang PPKM oleh Prof Drs Nur Iriawan MI Komp PhD. Dr Widya Utama, DEA yang hadir juga turut memberikan motivasi.

Dan esoknya (Sabtu, Red), para peserta baik kelompok maupun individu melakukan diskusi dengan dosen pembimbing masing-masing hingga siang. Beberapa kesulitan pun sempat dihadapi karena mahasiswa ITS belum terbiasa mendiskusikan permasalahan sosial dan politik. Para dosen pembimbing juga mengaku tidak begitu ahli dibidang tersebut. “Tapi kami akan belajar tentang itu, kami ingin bisa mengikuti PPKM ini,” tegas salah seorang peserta.

Rencananya, karya tulis baru mahasiswa ITS yang berpartisipasi ini akan dikumpulkan pada awal Februari tahun depan. (th@/ftr)

Berita Terkait