ITS News

Senin, 06 Mei 2024
29 Agustus 2005, 13:08

ASKAF-i Raih Best Design

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tim robot ASKAF-i ITS ternyata gagal meraih predikat juara di ajang Asia Pasific Broadcasting Unit (ABU) Robocon 2005. Mereka harus puas dengan predikat penghargaan design terbaik (best design) dalam kejuaraan yang berlangsung di Beijing 27-28 Agustus, kemarin.

Tim ITS yang berlaga di kontes itu sebenarnya masuk dalam babak delapan besar. Namun mereka kalah ketika berhadapan dengan tim Jepang. "Tim Jepang terlihat sangat tangguh. Mereka dapat menguasai lapangan dan kecepatan," ujar rektor ITS Mohammad Nuh, kemarin.

Tim robot ITS harus menghadapi 20 robot dari 19 negara. Satu-satunya tim yang di takuti adalah tim Jepang yang diwakili oleh University of Tokyo. Tim ITS kalah dengan skor 47 lawan 23. "Kami mohon maaf kepada masyarakat Indonesia atas kegagalan ini, tapi kami masih bisa mencatatkan diri sebagai tim dengan desain terbaik," kata mantan direktur PENS (politeknik elektronika negeri Surabaya) ITS ini.

Perlu diketahui, tahun lalu tim ITS juga pernah mengalami kegagalan dalam babak delapan besar. Mereka dikalahkan oleh tim Korea. "Ini berarti bahwa tim ITS tidak terlalu buruk, karena dikalahkan oleh juara pertama," tambahnya.

Menurut Nuh. untuk memperoleh prestasi desain terbaik ini juga tidak mudah. Apalagi tim-tim dari negara lain juga terlihat cukup baik. "Sekali lagi kami ingin menyatakan tim ITS telah bekerja maksimal, tapi memang Tuhan menghendaki lain," katanya. (rth)

Berita Terkait