Direktorat Kemahasiswaan

Ditmawa
13 Juli 2022, 19:07

Semarak Kontes Robot Indonesia, Visitasi Robot SD-SMP-SMA

Oleh : itskemahasiswaan | | Source : -

SURABAYA, DITMAWA – Kontes Robot Indonesia (KRI) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemdikbudristek kembali diadakan pada tahun 2022 dengan ITS sebagai tuan rumahnya. Pada kesempatan ini, KRI tidak hanya diselenggarakan sebagai kompetisi bagi mahasiswa di seluruh perguruan tinggi Indonesia, namun juga diadakan dengan beragam kegiatan edukasi lainnya.

Dokumentasi Tim Robotika ITS dan Peserta

Salah satu kegiatan edukasi ini dikemas dengan judul “Visitasi Robot SD-SMP-SMA”. Sesuai namanya, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan pada siswa SD hingga SMA untuk mengenal lebih dekat dengan dunia robotika. Kegiatan visitasi ini dibuka dengan sambutan Dr. Ir. Imam Abadi, ST, MT selaku Direktur Kemahasiswaan ITS dan dilanjutkan dengan kegiatan edukasi dalam bentuk Robot Demo oleh Tim Robotika ITS hingga Fun Games yang secara aktif melibatkan siswa sebagai peserta.

Dokumentasi pemaparan oleh Tim Robotika Ichiro ITS

Sebagai salah satu dari serangkaian Kontes Robot Indonesia (KRI), Visitasi Robot SD-SMP-SMA ternyata berhasil mendapatkan respon dan apresiasi yang luar biasa dari kalangan siswa dan sekolah selaku penyelenggara pendidikan. Terbukti dengan partisipasi 100 sekolah, yang terdiri dari berbagi SD-SMP-SMA di wilayah Surabaya dan sekitarnya, seperti Lamongan, Pasuruan, Gresik, dan lain-lain.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, berhasil memberikan pengalaman berharga dan menyenangkan bagi 130 lebih siswa SD dan 153 siswa SMP-SMA. Pendekatan yang menyenangkan dengan dunia robotika ini, memantik banyak sekali rasa keingintahuan mereka untuk mengenal dunia teknologi, bagaimana teknologi robot dibuat, dan bagaimana kiat memanfaat kemajuan teknologi ini.

Peserta secara langsung berinteraksi dengan rorbot milik Tim Robotika ITS

Diakhir kegiatan Visitasi Robot SD-SMP-SMA, ditutup dengan pemberian apresiasi bagi siswa-siswi yang aktif selama kegiatan berlangsung. Sebagai tuan rumah, seluruh civitas akademik termasuk di dalamnya mahasiswa ITS menyambut baik kesempatan ini dengan berusaha mengadakan kegiatan dengan sebaik-baiknya. Diwawancarai pada salah satu kesempatan,  Fiqey Indriati Eka Sari selaku Ketua dan Andreas Pratama Putra selaku Wakil Ketua Pelaksana menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini

Terlepas dari tantangan dalam pelaksanaan kegiatan ini, saya sangat bersyukur kegiatan Visitasi Robot SD-SMP-SMA dapat terlaksana dengan baik dan mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Rasanya kerja keras teman-teman terbayar dengan binar-binar ketertarikan siswa pada dunia robotika”.

Tentu kedepannya diharapkan kegiatan yang terbilang singkat ini, dapat memantik semangat dan memotivasi siswa SD hingga SMA untuk berkecimpung memajukan dunia teknologi, utamanya robotika di Indonesia.

Berita Terkait