Direktorat Kemahasiswaan

Ditmawa
19 Mei 2022, 12:05

MAWAPRES: Mengintip Catatan Prestasi Tiga Kesatria Kebanggaan ITS

Oleh : itskemahasiswaan | | Source : -

SURABAYA, DITMAWA – MAWAPRES atau Mahasiswa Berprestasi merupakan kegiatan tahunan yang dinanti-nanti oleh seluruh mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia. Bagaimana tidak, setiap tahunnya beragam tahap seleksi diadakan untuk menyematkan gelar “MAWAPRES” bagi mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa di masing-masing bidang. Di ITS sendiri, pemilihan MAWAPRES telah usai dilaksanakan.

Yuk intip prestasi dari ketiga kesatria kebanggaan ITS ini!

Pertama, mari berkenalan dengan Fiqey Indriati Eka Sari sebagai juara MAWAPRES untuk kategori sarjana. Fiqey merupakan mahasiswa yang saat ini tengah menempuh pendidikan S1 di Teknik Informatika. Sebagai seorang mahasiswa yang menggeluti bidang teknologi informasi, Fiqey memiliki tiga (3) hak kekayaan intelektual atas penemuannya dalam pengembangan aplikasi “SahabatCAPD: Mobile Virtual Assistant Pendeteksi Dini Risiko Komplikasi CAPD Pada Penyandang Gagal Ginjal Kronis”.

Fiqey (dua dari kiri baris kedua) dan Andreas (dua dari kanan baris pertama) bersama tim Robot Humanoid Ichiro ITS

Membahas prestasi di bidang teknologi, rekan Fiqey di komunitas robotika, Andreas Pratama Putra juga berhasil terpilih sebagai MAWAPRES untuk kategori diploma. Andreas dikenal sebagai mahasiwa Teknik Instrumentasi yang aktif dalam Tim Robot Humanoid ICHIRO ITS. Kemampuan Andreas jelas dapat terlihat melalui raihan prestasi Internasional pada ajang “Simulcup 2021” yang diadakan oleh Federation of International Robot-soccer Association (FIRA) sebagai juara 1 Basketball Adult Size dan di ketiga kategori lainnya.

Tidak hanya prestasi akademik, prestasi non akademik juga memiliki podiumnya sendiri. Agsulikin Kasih Saputra, mahasiswa Teknik Mesin Industri yang berhasil terpilih sebagai MAWAPRES untuk kategori minat dan bakat. Dengan kemampuannya di bidang olahraga, mahasiswa yang akrab dipanggil Saputra ini, mewakili ITS dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (POMPROV) Jawa Timur Tahun 2022 dan berhasil membawa medali emas pada cabang olahraga tennis kategori tunggal putra.

Saputra (Keenam dari kiri) beserta tim UKM Tenis Lapangan ITS saat meraih juara pada POMPROV Jawa Timur 2022

Gelar MAWAPRES yang sudah disematkan pada ketiga mahasiswa ini, pada akhirnya diharapkan dapat mencerminkan nilai-nilai pendidikan yang ada pada ITS. Juga sebagai motivasi pendorong mahasiswa ITS lainnya untuk terus belajar sesuai dengan bidang yang digeluti, agar kedepannya dapat memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat.

Berita Terkait