Direktorat Kemahasiswaan

Ditmawa
23 Mei 2022, 09:05

Liga PKM ITS, Ambisi merebut kembali juara umum PIMNAS

Oleh : itskemahasiswaan | | Source : -

SURABAYA, DITMAWA – Setelah dilakukan pembimbingan dan penyeleksian selama kurang lebih dua bulan, Liga PKM ITS Tahun ke-2 resmi ditutup pada 3 April 2022 oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng. selaku Rektor ITS. Kegiatan setingkat institut ini, bertujuan untuk menyeleksi proposal-proposal PKM yang akan diunggah pada SIMBELMAWA, untuk selanjutnya dilombakan pada kegiatan PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ke-35.

Dengan pencapaian 500 dari 500 kuota proposal berhasil terunggah pada SIMBELMAWA (Sistem Informasi Pembelajaran dan Kemahasiswaan), Liga PKM ITS kali ini juga mengalami peningkatan yang signifikan pada jumlah judul proposal PKM yang didaftarkan, yaitu sebanyak 1727 judul dengan keterlibatan 5639 mahasiswa dan 416 dosen pembimbing. Pencapaian tersebut tentunya didukung oleh kerjasama dan antusiasme setiap departemen untuk berpartisipasi pada Liga PKM ITS.

Menurut, Ibu Sefi selaku Koordinator Liga PKM setiap departemen di ITS memiliki strateginya sendiri untuk mendorong dan membimbing mahasiswanya. Pada kegiatan kali ini, Departemen Teknik Kimia Industri menjadi departemen dengan penyumbang judul proposal terbanyak yaitu 117 judul proposal, diikuti dengan Departemen Teknik Sistem Perkapalan sebanyak 114 judul, dan Departemen Teknik Sistem dan Industri dengan 112 judul.

Antusiasme ini juga dibarengi dengan peningkatan keketatan seleksi, Bu Sefi mengungkapkan

“Pada tahun ini terdapat pembatasan kuota proposal, yang semula 800 menjadi 500 proposal saja. Oleh karena itu, Tim Satuan Tugas PKM ITS berusaha semaksimal mungkin untuk menyeleksi proposal terbaik yang akan diunggah pada SIMBELMAWA”.

Tentunya proses penyeleksian ini tidak mudah, beberapa kendala seperti buku pendoman yang tak kunjung dikeluarkan, hingga proses transisi berkegiatan secara luring menjadi hambatan tersendiri bagi Tim Satgas PKM ITS.

“Alhamdulillah kendala-kendala tersebut dapat teratasi, hingga akhirnya Liga PKM ITS sukses terlaksana. Pada tahun ke-2, Liga PKM ITS jelas mengalami peningkatan dari segi kuantitas. Namun, dari segi kualitas saya merasa masih banyak ruang perbaikan untuk Liga PKM ITS kedepannya.” Papar Bu Sefi

Di akhir wawancara Ibu Sefi menyampaikan, bahwa pencapaian pada Liga PKM ITS kali ini baru merupakan langkah awal dari usaha untuk merebut kembali juara umum PIMNAS ke-35. Harapan beliau, dengan diadakannya Liga PKM ITS ini dapat meningkatkan kemungkinan proposal-proposal PKM yang terdanai, sehingga ITS dapat selangkah lebih dekat menjuarai PIMNAS ke-35.

Berita Terkait