News

Jelajahi Dunia Teknologi Informasi bersama ExploIT, Event Pertama Terbesar Departemen Teknologi Informasi ITS

Rab, 07 Jul 2021
5:55 pm
Berita
Share :
Oleh : Admin Teknologi Informasi   |

Sabtu-Minggu, 15-16 Februari 2020, Departemen Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember bersama dengan Indonesia Startup Founder (IDSF) dan DILo (Digital Innovation Lounge) Surabaya mengadakan EXPLOIT (Explore Information Technology) di Gedung Teknologi Informasi,lantai 6 perpustakaan ITS, Surabaya.  ExploIT merupakan event yang mewadahi siswa dan siswi SMA maupun SMK dalam menyalurkan minat di bidang Teknologi Informasi dalam rangka berkontribusi meningkatkan daya saing generasi muda serta mempersiapkan bibit-bibit unggul yang akan menjadi generator transformasi digital di Indonesia. EXPLOIT dengan 3 sub-event di dalamnya antara lain Pelatihan IoT (Internet of Things),  Talkshow serta Pameran yang berhubungan dengang Teknologi Informasi. 

Dalam sub-event pertama yaitu Pelatihan IoT atau yang disebut dengan ARA ini ditujukan kepada siswa/i beserta Guru SMA dan SMK dimana ilmu pengetahuan tentang IoT akan diberikan kepada para peserta pelatihan ini. Siswa SMA diajarkan mengenai cara menciptakan suatu alat dengan menggunakan bahan yang sederhana. Terdapat lima alat yang diajarkan diantaranya yaitu, sensor cahaya, sensor gerak, sensor ultrasonik, sensor kelembaban tanah, serta sensor suhu dan kelembaban udara.

Untuk sub-event kedua yaitu Talkshow ini diadakan secara interaktif dengan menghadirkan beberapa pembicara hebat yang merupakan tokoh relawan IT, sebut saja Reza Zamir sebagai Co-Founder dari SyariHub, Cynthia Cecilia sebagai Founder dan CEO dari Jobhun, serta beberapa pembicara lain dari Telkom Indonesia. Mereka membawakan materi tentang IT Career Path yang membahas antara membangun startup atau bekerja. Selain itu juga dilengkapi dengan Demonstrasi “Smart Things” dari pengisi stand pameran maupun dari pihak sponsor.

Untuk sub-event ketiga yaitu Pameran ExploIT atau yang disebut dengan Explore Fair sendiri berupa pameran digital startup dan teknologi yang memiliki konsep dengan adanya beberapa stand yang akan diisi oleh pameran produk-produk dari beberapa vendor startup di Indonesia. Ada juga komunitas yang menjelaskan cara Virtual Reality (VR) bekerja dan mempersilahkan pengunjung untuk mencobanya secara langsung.Hal ini agar para pengunjung pameran ini mampu mengenal manfaat besar adanya startup dalam menopang pembangunan teknologi di Indonesia sehingga diharapkan para pengunjung menyadari kesempatannya untuk dapat menjadi Unicorn Indonesia melalui startup yang dihasilkan.

Meskipun masih tergolong baru, kegiatan ini mampu menarik banyak minat dari berbagai kalangan seperti siswa SMA, mahasiswa, bahkan masyarakat umum. Expo ini juga berhasil menggandeng salah satu perusahaan besar di bidang teknologi yaitu PT. Telkom Indonesia. Begitu juga dengan berbagai komunitas dan startup yang ada di tanah air.

Latest News

  • Komputasi Kuantum dan Ancaman Siber dari Ransomware Berbasis Domain Generation Algorithm (DGA)

    Botnet berbasis DGA menggunakan nama domain server command and control (C&C) yang dihasilkan secara algoritmik. Miliaran perangkat berpotensi rentan

    29 Apr 2022
  • Dosen DTI ITS Berbicara di HoneyCast Episode 2: Exposing Indonesia HoneyNet Exploration & Cyber Threats

    Hatma Suryotrisongko berbicara tentang topik penelitian cybersecurity yang saat ini sedang dikerjakan: cyber threat intelligence (CTI), quantum machine learning,

    31 Mar 2022
  • 8 Mahasiswa Menjadi Wisudawan Pertama dari Departemen Teknologi Informasi, 3 Diantaranya Cum Laude dan Punya Segudang Prestasi.

    8 Wisudawan bersama Dr.techn. Ir. Raden Venantius Hari Ginardi, M.Sc (kiri), Edwin Riksakomara, S.Kom., M.T (kanan). (27/3/2022) -Dok. oleh

    28 Mar 2022