Dokumentasi kebersamaan dosen pembimbing Abmas, Dr. Ir. Henning Titi Ciptaningtyas, S.Kom., M.Kom., bersama Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Edy Susanto, M.Pd., saat mendampingi pelatihan guru.
Surabaya, IT Journalistic — Departemen Teknologi Informasi (DTI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjalin kerja sama dengan SD Muhammadiyah 4 Surabaya untuk mendukung transformasi pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Pada 20 dan 27 September 2025, DTI ITS bersama guru-guru SD Muhammadiyah 4 menggelar pelatihan bertajuk “Transformasi Pembelajaran di Era Digital: Penerapan Kecerdasan Buatan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru” yang berlangsung di Laboratorium Komputer sekolah tersebut.
Dokumentasi kegiatan “Transformasi Pembelajaran di Era Digital: Penerapan Kecerdasan Buatan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SD Muhammadiyah 4 Surabaya”
Program ini dirancang untuk memperkuat kapasitas guru dalam memanfaatkan teknologi digital, khususnya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), dalam proses pembelajaran di kelas. Materi pelatihan difokuskan pada praktik penggunaan ChatGPT, Wayground, dan WordWall sebagai media interaktif yang dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa.
Pada kesempatan ini, mahasiswa DTI ITS turut berperan aktif sebagai pemateri, yakni Revalina Fairuzy Azhari Putri, Syela Zeruya Tandi Lalong, Salsabila Rahmah, dan Farida Qurrotu A’yuna, yang membawakan materi terkait modul ChatGPT dan Wayground. Para peserta juga mendapatkan modul tertulis dan video pembelajaran sebagai panduan tambahan. Selain itu, pendampingan berkelanjutan akan dilakukan hingga Desember 2025 guna memastikan implementasi teknologi berjalan efektif dan berkesinambungan.
Dokumentasi suasana praktik penggunaan aplikasi interaktif dalam sesi pelatihan guru.
Pelatihan ini hadir sebagai jawaban atas tantangan pendidikan di era digital, di mana guru dituntut untuk lebih adaptif, inovatif, dan kreatif dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya pendampingan dari tim dosen dan mahasiswa ITS, diharapkan kompetensi guru dapat meningkat secara berkelanjutan dan berdampak langsung pada kualitas pembelajaran di kelas.
Lebih jauh, kegiatan ini tidak hanya sebatas pelatihan, melainkan juga menjadi sarana kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah dasar. Melalui sinergi ini, ITS berupaya memperluas peran akademisi dalam pemberdayaan masyarakat serta mendukung penguatan ekosistem pendidikan berbasis teknologi.
Sejalan dengan semangat pembangunan berkelanjutan, program ini juga berkontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) yang menekankan pemerataan akses pendidikan inklusif dan bermutu, serta SDG 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur) yang mendorong pemanfaatan teknologi inovatif untuk pembangunan berkelanjutan. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan menjadi kontribusi nyata DTI ITS dalam mencetak generasi pendidik yang tangguh, berdaya saing, dan siap menghadapi tantangan era digital.
Reporter: Shinta Alya Ramadani
===================================================================
Informasi ini disampaikan oleh:
Departemen Teknologi Informasi
Website : its.ac.id/it
Instagram : its_teknologi_informasi
Youtube : Information Technology ITS
Dokumentasi kebersamaan Perwakilan Mahasiswa DTI ITS bersama Bapak Irzal Ahmad Sabilla, S.Kom., M.Kom. (Dosen Pembimbing) dan perwakilan dari MPM
Tim Departemen Teknologi Informasi ITS bersama anggota kelompok tani di lahan penerapan teknologi Smart Farming. Madiun, IT Journalistic —
Pihak IDX Surabaya (Asikin Ashar) memberikan edukasi publik kepada peserta dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengenai literasi keuangan