Program Magister

Butuh Bantuan?

Silakan Hubungi Kami Di Sini:

Informasi Pendaftaran Program Magister

Program Magister (S2)

Program Studi Magister Desain Interior ITS memberikan kesempatan mahasiswa untuk berkembang menjadi peneliti (strategic thinker), konseptor dan inovator yang handal dalam bidang desain interior. Program ini akan membahas mengenai teori dan riset di bidang desain interior. Berikut adalah bidang pendalaman yang menjadi fokusan pada program kami:

  • Inovasi Interior, Interior UX dan Manajemen Desain
  • Metaspace, Pengembangan VR & AR untuk Desain Interior
  • Sains dan Teknologi Desain Interior
  • Psikologi Desain Interior dan Faktor Manusia 
  • Sosial Budaya dan Estetika

Latar Belakang Pendirian Program Magister Desain Interior

Visi Dan Misi Program Studi Magister (S2) Desain Interior

Visi:

Sebagai fasilitas pendidikan yang mampu membuka peluang untuk mengembangkan kreativitas dalam pembangunan masyarakat khususnya bidang desain dan bisnis digital yang berbasis pada berbasis entrepreneurial, teknologi informasi serta mendukung progresivitas industri dan kelautan

Misi:

  1. Menjadi garda terdepan pengembangan desain interior dan bisnis kreatif yang berbasis teknologi dan entrepreneurial utamanya bidang industri dan kelautan
  2. Secara nyata berkontribusi dalam pengembangan ITS menjadi kampus pelopor serta produktif di bidang keilmuan khususnya desain interior dan bisnis kreatif secara digital dan entrepreneurial
  3. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berstandar internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perilaku, sains, dan estetika desain interior
  4. Melaksanakan penelitian berkelanjutan dan inovasi teknologi teknologi di bidang perilaku, sains, dan estetika desain interior
  5. Memberi kontribusi nyata kepada masyarakat, industri, dan pemerintah melalui inovasi teknologi di bidang perilaku, sains, dan estetika pada bidang desain interior.
  6. Mengelola fakultas secara efektif dan efisien untuk mendukung terlaksananya Tri Dharma perguruan tinggi
  7. Mendukung link and match lulusan dengan meningkatkan kerjasama dengan industri, pemerintah dan masyarakat di tingkat nasional maupun internasional
  8. Memperkuat kerjasama dan jejaring internasional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan produk inovasi yang bertaraf internasional

Strength, Weakness, Opportunity and Threat

STRENGTH
  • Tenaga pengajar dari lulusan pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia & internasional
  • SDM Memiliki banyak pengalaman praktis baik di penelitian, pengajaran, serta pengabdian masyarakat di dalam negeri maupun luar negeri.
  • Banyaknya hasil-hasil penelitian dan abmas yang terimplementasi secara luas baik di dalam maupun luar negeri
  • Publikasi di bidang desain interior khususnya pada jurnal internasional bereputasi baik scopus, Web of Science, dan lainnya
  • Kegiatan Tridarma (Pengajajaran, Penelitian dan Pengabdian) yang intensif di bidang Desain Interior
  • Mitra Kerjasama yang banyak mulai dari PT, PTLN, Instansi Pemerintah dan Swasta
WEAKNESS
  • Fasilitas sarana dan prasarana prodi baru memerlukan waktu untuk penyesuaian
  • Jumlah tendik yang terbatas untuk pengembangan fokus bidang Desain Interior
OPPORTUNITY
  • Pendirian S2 Desain Interior ITS ini  menjadi pelopor pendidikan magister desain interior di Indonesia
  • Sesuai Rencana Strategis ITS–PTNBH Tahun 2015-2020 bidang strategis: Industri Kreatif, salah satunya bidang desain interior
  • Dalam buku panduan ‘Proyek Desain’, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (2020) disebutkan bahwa kemampuan desainer antara lain: Kemampuan analisis, estetis, Kemampuan kolaboratif, teknologi informasi dan komunikasi, kesadaran terhadap hukum, kesadaran terhadap hakikat sebagai manusia, dan keandalan daya inovasi dan kreatifitas
  • Menunjang visi dan misi ITS untuk International reputation baik dalam bidang riset, inovasi, kreatifitas, dan publikasi ilmiah
  • Sesuai perkembangan industri kreatif yang semakin dinamis dan berkembang yang membutuhkan banyak tenaga ahli desain interior, ekonomi, material, manajemen, pemasaran, dan konstruksi.
THREAT
  • Kualitas produksi kreatif dari luar negeri yang telah maju akan dapat memicu perkembangan keilmuan Desain Interior di Indonesia.

Kurikulum

Penyusunan kurikulum pada program Magister Desain Interior mengacu pada

  • UUPT (UU DIKTI) NO. 12/2012
  • KKNI Perpres no. 8.2012
  • RENSTRA KEMENRISTEKDIKTI Permenristekdikti No. 13/2015
  • Permendikbud No.3/2020 19

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL 1 : Mampu menunjukkan sikap dan karakter yang mencerminkan: ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, peka dan peduli terhadap masalah sosial dan lingkungan, menghargai perbedaan budaya dan kemajemukan, menjunjung tinggi penegakan hukum, mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas, melalui inovasi, kreatifitas, dan potensi lain yang dimiliki.

CPL2 : Mampu mengembangkan dan memecahkan permasalahan ipteks dalam bidang keilmuannya melalui riset dengan pendekatan inter atau multidisiplin hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji, serta mendapat pengakuan nasional dan internasional

CPL 3 : Mampu mengelola pembelajaran diri sendiri, dan mengembangkan diri sebagai pribadi pembelajar sepanjang hayat untuk bersaing di tingkat nasional, maupun internasional, dalam rangka berkontribusi nyata untuk menyelesaikan masalah dengan memperhatikan prinsip keberlanjutan.

CPL 4 : Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui pemikiran ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahlian desain interior, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lainnya yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggu, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional.

CPL 5 : Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian dibidang desain interior.

CPL 6 : Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik secara bertanggungjawab dan berdasarkan etika akademik serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.

CPL 7 : Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikannya dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.

CPL 8 : Mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analitis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

CPL 9 : Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.

CPL 10 : Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.

CPL 11 : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

CPL 12 : Mampu mengimplementasikan prinsip berkelanjutan (sustainalibity) dalam mengembangkan pengetahuan dibidang desain interior.

CPL 13 : Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya.

Mata Kuliah

      
No.Kode MKNama Mata Kuliah (MK)BOBOT SKS
SEMESTER ITEORIPRAKTIKRPS
1DI185101Metodologi Penelitian Desain Interior 11
2DI185102Psikologi Lingkungan Desain Interior21
3DI185103Sains dan teknologi interior21
4DI185104Sosial Budaya dalam Desain Interior21
Jumlah SKS110
SEMESTER II
1DI185205Proposal Thesis21
2DI185206Desain dan gaya hidup11
3DI185207Semiotika Desain11
4DI185208Teknologi performa interior11
Jumlah SKS90
SEMESTER III
1DI185309Proposal Thesis Lanjutan 11
2DI185310Desain Interior dan Faktor Manusia11
3DI185311Bisnis Digital Interior11
4Mata Kuliah Pilihan11
Jumlah SKS80
SEMESTER IV
1DI185316Tesis80
Jumlah SKS80
Jumlah SKS Keseluruhan360
MATA KULIAH PILIHAN (BIDANG PEMINATAN)SKSRPS
TEORIPRAKTIK
1DI185312Desain Kontekstual30
2DI185313Green Design30
3DI185314Design interior Inklusi30
4DI185315Konsep dan Inovasi Interior30

Program Studi Magister Desain Interior ITS Program ini terdiri dari mata kuliah wajib dan pilihan dengan total 36 sks yang ditempuh dalam 2 tahun (4 semester).

  • 11 Mata kuliah wajib dengan total 26 sks
  • 1  Mata kuliah pilihan dengan total 2 sks
  • Tesis 8 sks

Dosen Pengajar

NoNamaBidang Keahlian
1Dr. Mahendra Wardhana, S.T., M.T.Sains dan Teknologi Desain Interior
2Dr. Ir. Susy Budi Astuti, M.T.Psikologi Desain Interior dan Faktor Manusia
3Dr. Firman Hawari, S.Sn., M.Ds.Sosial, Budaya dan Estetika
4Ellya Zulaikha, ST. MSn., Ph.D.Manajemen Desain , dan Inovasi Desain.
5Octaviyanti Dwi Wahyurini, ST., MAppDesArt., Ph.D.Inovasi Desain, UI dan UX
6Dr. Ir. Budiono, M.Sn. Sosial Budaya dan Estetika

Fasilitas

Post Views: 2.427