Akuisisi Data dan Diseminasi Informasi

Isu strategis yang menjadi dasar dan fokus penelitian Laboratorium Akuisisi Data dan Diseminasi Informasi Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) tahun 2015-2020 adalah pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pengembangan transparansi dan pengayaan informasi publik.

Data dan Informasi merupakan salah satu elemen vital dalam aspek kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, penguasaan teknologi untuk data dan informasi sangat penting bagi kesejahteraan dan kedaulatan bangsa.

  1. Akuisisi Data
    Data yang saat ini ada di sekitar kita heterogen, baik dari sisi struktur (terstruktur dan tidak terstruktur), lokasi (terdistribusi atau terpusat), dari berbagai sumber/resource (contoh: data dari website, pesan teks/sms, dan lain-lain), serta volume (contoh: data masif atau big data).
  2. Diseminasi Informasi
    Seiring dengan perkembangan sumber dan volume data, berkembang pula berbagai teknologi untuk mengolah data tersebut. Masing-masing dari teknologi tersebut merupakan implementasi dari paradigma yang berbeda mengenai data, dan diwujudkan dalam inovasi pada teknik-teknik pra-proses dan pengolahan data.
  3. Paradigma Pengolahan
    Proses dan metode pengolahan data menjadi informasi yang lebih bernilai.

MonVis-Musrenbang, Jurusan Sistem Informasi and Dow Chemical US, 2015, website at http://monvis-musrenbang.com/web/about.php

Views: 37