Sejarah

Sejarah Departemen

Departemen Teknik Instrumentasi adalah salah satu departemen di Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang berada di dalam Fakultas Vokasi. Hal ini didasarkan pada Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) ITS pada tahun 2016 dalam Peraturan Rektor Nomor 10 Tahun 2016. Walaupun demikian, operasional departemen ini mulai dijalankan pada tanggal 26 Januari 2017.

Pada awalnya Departemen Teknik Instrumentasi merupakan salah satu Program Studi (Prodi) Diploma di bawah Departemen Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri sejak tahun 1995. Pada awal mula berdirinya, Prodi ini bernama Prodi DIII Teknik Instrumentasi. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan permintaan dari industri, maka Prodi DIII Teknik Instrumentasi berubah nama menjadi Prodi DIII Metrologi dan Instrumentasi pada tahun 2011.

Dengan perubahan ITS menjadi PTN Berbadan Hukum dan perkembangan pendidikan vokasi di Indonesia, maka sejak tahun 2017 Prodi DIII Metrologi dan Instrumentasi berubah nama menjadi Prodi DIII Teknologi Instrumentasi dan berada di bawah Departemen Teknik Instrumentasi Fakultas Vokasi.