DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
02 Maret 2024, 15:03

Call for Proposal Research Grant Bank Indonesia 2024

Oleh : itsdrpm | | Source : -

Dengan ini kami sampaikan bahwa terdapat peluang baru untuk mengajukan proposal pada Program Research Grant Bank Indonesia 2024 (RGBI). Program ini merupakan skema dana hibah riset dari Bank Indonesia yang dialokasikan pada peneliti yang bersifat strategis, untuk jenis riset frontler dan riset pengembangan model yang dilakukan oleh peneliti eksternal, dengan topik penelitian yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sebagai berikut:

  1. Topik 1: Pemanfaatan AI untuk meningkatkan inklusi ekonomi dan keuangan konvensional dan syariah;
  2. Topik 2: Pengembangan ekosistem industri jasa (I.E. Industri, Kesehatan, Pariwisata, dan Digital Nomad) baik konvensional maupun syariah, sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru;
  3. Topik 3: Pengembangan green economy & finance serta renewable energy untuk Indonesia Timur;
  4. Topik 4: Pemanfaatan teknologi dalam agriculture dan blue economy untuk meningkatkan produktivitas dan sumber pertumbuhan ekonomi baru yang berkelanjutan;
  5. Topik 5: Penguatan aspek hukum dan kelembagaan terhadap dampak akselerasi digital;
  6. Topik 6: Penguatan STEM (Science, Technology, Engineering, &Mathematics), human capital untuk meningkatkan inovasi dan produktivitas dalam industri;
  7. Topik 7: Sunset industry dependency study dan dampaknya terhadap ketahanan ekonomi;
  8. Topik 8: Pengembangan industrialisasi, teknologi & inovasi domestik dalam rangka hilirisasi sumber daya alam (SDA), pangan dan energi.

Persyaratan

  1. Menyampaikan i. concept notes, proposal, CV ketua tim dan anggota (template form diunduh melalui laman SPEKTRO (https://www.spektro-bi.org/pages/rgbi)).
  2. Peneliti utama merupakan WNI dan peneliti senior dengan afiliasi utama di Perguruan Tinggi/Lembaga Penelitian yang berkedudukan hukum di Indonesia.
  3. Anggota tim peneliti disarankan melibatkan peneliti/akademisi nasional/internasional dengan rekam jejak publikasi yang tinggi di jurnal ilmiah terindeks Scopus/setara.
  4. Hanya diperbolehkan memilih satu topik penelitian.
  5. Riset yang akan dilakukan merupakan riset baru yang belum pernah diterbitkan atau sedang dalam proses penerbitan di jurnal/publikasi mana pun.
  6. Penentuan pemenang RGBI merupakan wewenang mutlak Bank Indonesia Institute.

Pendanaan dan Output

Nilai pendanaan maksimal adalah Rp250.000.000 (sudah termasuk pajak). Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah publikasi jurnal internasional terindeks Scopus minimal Q3.

Deadline Pengusulan

Batas akhir pengusulan paling lambat adalah pada hari Jum’at, 15 Maret 2024. Pengusulan dilakukan melalui website RGBI yaitu https://www.spektro-bi.org/pages/rgbi. Apabila diperlukan surat pengesahan Direktur DRPM ITS dapat mengajukan usulan melalui linktr.ee/drpm.its dan konfirmasi melalui 0813-3325-0025 (Admin DRPM ITS).

Informasi Selengkapnya

Informasi lengkap mengenai Research Grant Bank Indonesia 2024 dapat mengontak narahubung melalui researchgrant.bi@bi.go.id.

Lampiran:

Berita Terkait