Experience more on Laboratorium Energi dan Lingkungan
Image

TENTANG KAMI

Laboratorium Energi dan lingkungan merupakan salah satu laboratorium penelitian dan layanan yang dikelola secara langsung oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS. Laboratorium ini memiliki tugas pokok untuk menunjang dan melaksanakan penelitian unggulan ITS serta memberikan layanan jasa konsultasi, analisis dan pelatihan dalam bidang energi dan rekayasa bagi masyarakat.
Laboratorium ini dibangun pada pertengahan tahun 2009. Komisioning gedung dan peralatan dilakukan pada akhir tahun 2009 dan mulai beroperasi sejak bulan Maret 2010. Perluasan laboratorium telah dilakukan dengan dibangunnya gedung laboratorium energi II di area Riset Center ITS dengan luas lantai sekitar 2400 m
Laboratorium Energi dan lingkungan dilengkapi dengan instrumen analisis canggih, laboratorium, mobil Lab (portabel Instrument) untuk survey lapangan, gedung workshop, kantor bagi peneliti tamu dan mahasiswa S3 serta ruangan-ruangan untuk pendidikan dan pelatihan.
Instrumentasi utama yang terdapat di Laboratorium Studi Energi dan Rekayasa meliputi SEM-EDX, XRD, AFM, ICP-OES, XRF, HRMS, HPLC, GC dan sebagainya yang terkait dengan kebutuhan riset dalam bidang energi alternatif. Selain itu, laboratorium juga dilengkapi dengan peralatan survey lapangan dalam bentuk lab. mobil dengan kemampuan untuk melakukan analisis kualitas air, tanah dan udara seperti pH, DO, kandungan ion-ion nitrat, nitrit, Sulfat, amoniak dan kolrida, konduktivitas air, kandungan CO, CO2, NOx, SOx, kelembaban, kandungan debu di udara, alat ukur getaran dan kebisingan, alat ukur getaran akibat ledakan, alat ukur angka cetane dan octane, alat serta ukur titik embun BBG.

 

LAYANAN

LAYANAN PENGUJIAN
LAYANAN PELATIHAN
LAYANAN KONSULTASI
PROSEDUR & ALUR LAYANAN
TARIF LAYANAN
FASILITAS

STAF

Suprapto, ST., MT., Ph.D

Vita Yuliana, S.Si

Sindy Adhy Susilo

Deny Puspasari

Nurul Faradilah Said, S.Si

Evi Wijayanti

Winarni

Timotius Hanes Prasetia

M. Buang Budiono

BERITA TERBARU

INFORMASI

PORTOFOLIO

ITS has seven faculties that become centers of excellence for teaching science, technology, and design in Indonesia.

MITRA AKTIF

partner-02-300x300-1-150x150
partner-04-300x300-1-150x150
kumamoto-university-150x150
partner-05-300x300-1-150x150