DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
13 Februari 2024, 08:02

Call for Proposal BRIN 2024 – RIIM Ekspedisi Gelombang 2

Oleh : itsdrpm | | Source : -

Sehubungan telah dilakukan launching skema pendanaan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional, dengan ini diinformasikan kepada para peneliti Institut Teknologi Sepuluh Nopember bahwa telah dibuka hibah penelitian skema dalam negeri Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) Ekspedisi Gelombang 2 dengan wadah pendampingan melalui program Coaching Clinic.

Skema Pendanaan RIIM Ekspedisi menawarkan kompetisi di mana pengusul memiliki kesempatan untuk mengajukan pendanaan untuk beberapa tahun guna mendukung aktivitas dan manajemen riset dalam implementasi pengembangan skema Pendanaan RIIM Ekspedisi. Evaluasi kegiatan ini dilakukan setiap tahun, dan pendanaan untuk tahun berikutnya akan ditentukan berdasarkan hasil evaluasi kinerja yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Program Pendanaan RIIM Ekspedisi Gelombang II bertema “Ekspedisi dan Eksplorasi Keragaman Masyarakat dan Budaya Indonesia”. Tema ini meliputi ekspedisi dan eksplorasi terkait dengan aspek-aspek seperti agama, etnisitas, seni, tradisi, pengetahuan lokal, bahasa, sastra, dan hal-hal lain yang relevan.

Kriteria Pengusul Proposal

  • Ketua periset (principal investigator) merupakan Warga Negara Indonesia yang memiliki kualifikasi pendidikan S3, dan anggota tim minimal berpendidikan D3;
  • Ketua periset dapat berasal dari BRIN, perguruan tinggi, atau lembaga riset lainnya di Indonesia;
  • Keanggotaan tim riset dapat merupakan kolaborasi lintas institusi, perguruan tinggi, mitra masyarakat yang relevan dengan disarankan melibatkan anggota dari perguruan tinggi lokal / terdekat tujuan;
  • Kolaborasi kegiatan dalam 1 kawasan dalam satu proposal diutamakan;
  • Satu orang periset hanya diperbolehkan paling banyak terlibat dalam 2 (dua) ajuan proposal pendanaan Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju Ekspedisi per tahun (1 posisi sebagai ketua dan 1 posisi sebagai anggota, atau sebagai anggota di 2 proposal);
  • Ketua dan tim yang tertulis dalam proposal dan memiliki kepakaran wajib untuk melaksanakan riset di lapangan;
  • Mitra Riset (periset atau kelompok periset) yang berasal dari perguruan tinggi atau lembaga riset dan pengembangan atau sejenisnya dari luar negeri dapat dilibatkan pada RIIM Ekspedisi sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam klirens etik; dan
  • Pendanaan untuk mitra riset yang berasal dari luar negeri hanya mengakomodir pelaksanaan riset eksplorasi selama masa pendanaan di Indonesia. Tiket perjalanan ke Indonesia dan living cost di luar program ini menjadi tanggungan mitra riset.

Tata Cara Pengusulan

Tata cara pengusulan program Pendanaan Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju – Ekspedisi yaitu:

  • Pengusul melakukan registrasi melalui laman: https://pendanaan-risnov.brin.go.id ;
  • Pengusul mengunggah proposal dan dokumen lainnya yang dibutuhkan secara online melalui laman: https://pendanaan-risnov.brin.go.id sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan; dan
  • Panitia penyelenggara akan mengumumkan pengusul yang lulus pada masing masing tahapan seleksi pada laman https://pendanaan-risnov.brin.go.id ataupun melalui surat resmi.

Jangka Waktu Pendanaan dan Pembayaran

Jangka waktu pelaksanaan RIIM Ekspedisi dapat lebih dari satu tahun dengan lama maksimal sampai dengan tahun 2025 sesuai yang tercantum dalam usulan proposal. Untuk proposal yang disetujui pelaksanaannya melebihi satu tahun, maka perjanjian kerja sama atau kontrak riset dilakukan secara multiyear atau tahun jamak yakni pelaksanaan riset tahun berikutnya berdasarkan evaluasi tahun sebelumnya dan rencana tahun selanjutnya. Nilai dana sebesar lebih dari sama dengan Rp250.000.000,00 dengan penyaluran dana dalam 1 termin untuk dana Rp250.000.000,00 dan penyaluran dana dalam 2 termin untuk dana lebih dari Rp250.000.000,00.

Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dibuka sepanjang tahun dengan seleksi secara periodik.

Coaching Clinic

Coaching clinic merupakan wadah bagi seluruh peserta dalam berpartisipasi secara gratis untuk bertanya dan berkonsultasi langsung dengan tim dari Direktorat Pendanaan Riset dan Inovasi, juga dapat bertanya mengenai skema-skema di DPRI. Pelaksanaan Coaching Clinic yaitu:

  • Hari                             : setiap Hari Selasa (Minggu ke-1 dan ke-3 setiap bulan)
  • Pukul                           : 09.00-10.30 WIB
  • Meeting ID                 : 97090056649
  • Passcode Zoom         : coaching

Informasi Lebih Lanjut

Informasi lebih lanjut dapar diakses melalui https://pendanaan-risnov.brin.go.id/. Apabila memerlukan permohonan pengesahan pimpinan DRPM bisa dikirimkan melalui https://linktr.ee/drpm.its dan konfirmasi ke Admin DRPM ITS wa.me/6281333250025.

Lampiran:

Berita Terkait