DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
11 Januari 2021, 08:01

Launching Program Pendampingan Kampung Binaan Pelindo III di Kampung Hidroponik Simomulyo oleh PDPM

Oleh : itslppm | | Source : -

Minggu  9 Januari 2021, Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM)-Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melaksanakan Launching Program Pendampingan Kampung Binaan Pelindo III di Kampung Hidroponik Kelurahan Simomulyo. Launching ini dihadiri oleh Kepala Puska PDPM Dr. Sutikno, Wakil Puska PDPM Dr. Soedarso, Tenaga Ahli Bisnis Ir. Lantip Tri Sunarno, MT., Tenaga Ahli Hidroponik Prof. Fahimah, Tim PDPM, Direktur SDM dan Umum Pelindo III Bapak Edi Priyanto, Asekper KBL Bapak Herry Wismanto, Pelaksana KBL Luqman Firmansyah, Ketua Kampung Hidroponik Bapak Nuki Nugraha dan anggota Kampung Hidroponik Simomulyo. Kondisi Surabaya yang masih pandemi, maka kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid. Ada yang offline di kelas dan online via Zoom meeting.

Kepala PDPM Dr. Sutikno menyampaikan kegiatan hari ini adalah Launching dan Pelatihan Bisnis Plan model BMC. Dr. Sutikno menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk sinergi antara Perguruan Tinggi ITS dengan Perusahaan Pelindo III dalam pengembangan kelompok masyarakat (community development). ITS sebagai institusi pendidikan memiliki ilmu dan kompetensi, tapi “tidak memiliki” uang. Perusahaan Pelindo III dengan usaha dan bisnisnya pasti memiliki uang. Dengan sinergi kami ingin memberikan manfaat kepada masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan. Diantaranya adalah Program Kampung Binaan Pelindo III. Pelindo III mempunyai beberapa kampung binaan, salah satunya adalah Kampung Hidroponik di Kelurahan Simomulyo.

Tujuan pendampingan ini adalah meningkatkan kemampuan manajerial dan wirausaha, meningkatkan kemampuan bertani hidroponik, meningkatkan kemampuan mengolah produk hidroponik dan turunannya, serta meningkatkan aset usaha kampung hidroponik. Pendampingan ini berlangsung intensif selama 2 bulan dengan 13 kegiatan utama. Pendampingan Kampung Hidroponik melibatkan beberapa tenaga ahli di ITS. Diantaranya Prof. Fahimah Ahli Hidroponik dari Departemen Kimia, Ir. Lantip Tri Sunarno, MT Ahli Manajemen Bisnis dari Departemen Industri, Karina Pradinie, M.Sc Ahli Perencanaan dari Departemen PWK, Dr. Setiawan Ahli Statistik dari Departemen Statistik, Dr. Soedarso Ahli Sosiologi dari Departemen Studi Pembangunan, Dr. Feby Agung Ahli Sel Surya dari Departemen Elektro dan beberapa lainnya. Harapan ke depan, Kampung Hidroponik Kelurahan Simomulyo bisa menjadi Kampung Edu Wisata. Sehingga bisa meningkatkan ekonomi dan sosial warga.

Launching program ini diresmikan oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum Bapak Edy Priyanto via Zoom. Edy Priyanto menyampaikan sangat senang bisa bersinergi dengan ITS. Selama ini kampung binaan Pelindo III hanya diberi bantuan saja. Tanpa ada pendampingan. Dengan adanya pendampingan, apalagi oleh ITS, diharapkan Kampung Hidroponik bisa menjadi Kampung Binaan Pelindo III yang maju dan menjadi model Kampung Binaan Pelindo III lainnya. Apalagi tadi disampaikan oleh Dr. Sutikno pendampingan ini melibatkan banyak tenaga ahli di ITS. Edy Priyanto menyampaikan pesan selama kegiatan pendampingan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Bapak ibu peserta harus memakai masker, sering-sering cuci tangan atau memakai hand sanitizer. Ketika makan, mohon tidak bicara. Karena itu salah satu penyebaran virus.

Ketua Kampung Hidroponik Nuki Nugraha menyampaikan ide awal Kampung Hidroponik adalah modal nekad untuk membuat kegiatan di RW 7 Kelurahan Simomulyo. Perjalanan waktu ternyata ide tanaman hidroponik membawa manfaat bagi warga. Sampai akhirnya bisa menjadi Kampung Binaan Pelindo III. Semoga kedepannya menjadi lebih baik dan maju. Bisa seperti Kampung Lawas Maspati yang juga adalah Kampung Binaan Pelindo III. Acara ini ditutup dengan TTD MoU antara Pelindo III dengan Ketua Kampung Hidroponik. MoU ini sebagai bentuk kerjasama dan penghargaan Pelindo III dengan Kampung Hidroponik.

Sambutan dan Pembukaan oleh Direktur SDM dan Umum Pelindo III Edy Priyanto

Sambutan Kepala Puska PDPM ITS Dr. Sutikno

Peserta dan Tim ITS

Peserta mematuhi protokol kesehatan 3M

Berita Terkait