DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
06 Januari 2021, 11:01

Evaluasi Pemutakhiran PBB Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo

Oleh : itslppm | | Source : -

Rabu 6 Januari 2021, Pusat Kajian Potensi Darah dan pemberdayaan Masyarakat (PDPM)-Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS melaksanakan evaluasi pelaksanaan Kegiatan Pemutakhiran PBB Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo Tahun 2020. Evaluasi ini dihadiri oleh Dr. Sutikno Kepala Puska PDPM, Sugiharto staff PDPM, Dimas Sarwo Edy supervisor pemutakhiran PBB, Heru Edi Susanto Kepala Bidang Pengembangan dan Pendataan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo.

Dr. Sutikno menyampaikan kegiatan Pemutakhiran PBB Kecamatan Balongbendo telah selesai. Sesuai komitmen, ITS akan membantu BPPD Sidoarjo dalam penyelesaian input data dan peta. Harapan ITS, hasil pemutakhiran PBB Kecamatan Balongbendo sedikit warga yang komplain kepada BPPD Sidoarjo. Hal ini menunjukkan indikator bahwa pemutakhiran PBB Kecamatan Balongbendo dilaksanakan secara valid dan reliabel. Kegiatan Pemutakhiran data PBB Kecamatan Balongbendo melalui 5 tahapan. Yaitu sosialisasi, survei/pendataan PBB, validasi PBB, input data PBB dan input peta. Pemutakhiran data PBB Kecamatan Balongbendo melibatkan 3 Tenaga Ahli,  33 orang surveyor, 1 orang supervisor, 5 validator, 3 input peta. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 bulan. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada Bulan Februari 2020. Survei/pendataan PBB dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan Juli 2020. Kegiatan survei dihentikan sementara ketika PSBB Kabupaten Sidoarjo di akhir Maret – Juni 2020. Sampai saat ini ITS telah membantu BPPD Sidoarjo melaksanakan pemutakhiran PBB di 3 Kecamatan. Yaitu Kecamatan Waru, Taman dan Balongbendo. Dari 18 kecamatan yang ada di Sidoarjo, sudah 7 kecamatan yang sudah dimutakhirkan data PBB nya.

Heru Edi Susanto, Kepala Bidang Pengembangan dan Pendataan BPPD Sidoarjo, menyampaikan laporan kegiatan Pemutakhiran PBB Kecamatan Balongbendo sudah diterima BPPD Sidoarjo. BPPD juga sudah menyampaikan laporan kepada Dewan hasil kegiatan Pemutakhiran PBB Kecamatan Balongbendo. Laporan yang BPPD Sidoarjo sampaikan adalah proyeksi dan estimasi pendapatan PBB Tahun 2021 hasil pemutakhiran data PBB Tahun 2020. Untuk tahun 2021, kegiatan Pemutakhiran PBB dilaksanakan pada Bulan Juni 2021. Kecamatan yang akan dimutakhirkan adalah Kecamatan Prambon.

Dr. Sutikno menyampaikan terima kasih atas kepercayaan BPPD Sidoarjo dalam kegiatan Pemutakhiran PBB Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo Tahun 2020. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat dan BPPD Sidoarjo. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memperbaiki sistem basis data PBB dan tata kelola PBB di BPPD Sidoarjo.

Berita Terkait