DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
17 Desember 2020, 12:12

PDPM ITS : Indeks Kesalehan Sosial Kota Mojokerto Tahun 2020 Dikategorikan Baik

Oleh : itslppm | | Source : -

PDPM ITS kembali dipercaya untuk menjadi bagian dari kajian persoalan pembangunan yang ada di Indonesia. Kali ini mitra kerjasamanya adalah pemerintah kota Mojokerto. Pada tanggal 15 Desember 2020, PDPM ITS berangkat ke Mojokerto untuk berpartisipasi dalam Focus Group Discussion Indeks Kesalehan Sosial Kota Mojokerto tahun 2020. Peserta FGD adalah pemerintah kota setempat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan PDPM ITS. PDPM diwakilkan oleh pak Darso, selaku wakil kepala PDPM ITS, Pak Imam Safawi dan Pak Zainul Muhibbin, sebagai tenaga ahli PDPM ITS. Diskusi berjalan cukup baik dan efektif serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kajian mengenai Indeks Kesalehan Sosial Kota Mojokerto mulai dilakukan sejak bulan November 2020. Tahapan pelaksanaan kajian ini dimulai dengan kajian literatur penghitungan IKS, penyusunan instrumen survei, pengumpulan data primer maupun sekunder, pengolahan dan analisis data kemudian penyusunan laporan dan FGD. Hasil kajian menunjukkan bahwa Indeks Kesalehan Sosial Kota Mojokerto tahun 2020 hampir sama dengan tahun sebelumnya dan dapat dikategorikan baik. Artinya tingkat kesalihan sosial umat beragama masyarakat kota Mojokerto baik.

Sebagai bahan evaluasi dan untuk keberlanjutan kebijakan di bidang kesalehan sosial, PDPM memberikan rekomendasi untuk pemerintah kota Mojokerto, diantaranya perlunya meningkatkan lagi program-program untuk sosialisasi dan pelatihan agar masyarakat terlibat dalam pembangunan demokrasi yang ada di Kota Mojokerto. Selain itu diperlukan juga upaya untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial di masyarakat terlebih di masa pandemi covid-19 sekarang ini. Kepedulian sosial merupakan salah satu aspek yang dapat meningkatkan kesejahteraan bersama penduduk Kota Mojokerto

Berita Terkait