DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
18 September 2020, 12:09

Kegiatan Kerja Praktik (KP) di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : itslppm | | Source : -

Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan Kerja Praktik (KP) atau lebih sering disebut dengan program magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL). PDPM ITS bekerja sama dengan Departemen Statistika ITS dalam program KP ini melalui 2 mahasiswa yaitu Fauzizah Fatma Ningrum mahasiswa asal Kediri dan Lulus Faticatu Riza mahasiswa asal Trenggalek. Keduanya merupakan mahasiswa program RPL Lintar Jalur S1 Statistika ITS semester 3. Program KP bertujuan untuk mendukung kegiatan perkuliahan dalam rangka memberi gambaran kepada mahasiswa tentang dunia kerja sesuai dengan bidang kompetensi keprofesian statistika.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam KP mahasiswa kali ini mengikuti salah satu proyek yang saat ini sedang dijalankan oleh PDPM ITS yaitu Kegiatan Pemutakhiran Data PBB Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo Tahun 2020. Tugas yang diberikan kepada mahasiswa peserta KP dalam proyek ini antara lain: Membuat simulasi survei, membuat timeline survei, membuat rancangan biaya survei, membuat laporan hasil survei, serta melakukan analisis SWOT desain survei yang telah dibuat dengan desain survei yang telah dilaksanakan PDPM ITS.

Kerja Praktik dilakukan selama satu bulan mulai dari 13 Juli 2020 sampai dengan 14 Agustus 2020 secara daring karena kondisi pandemi Covid-19. Pemaparan progress KP oleh mahasiswa dilakukan minimal 1 kali dalam seminggu menggunakan media Googlemeet. Koordinasi pemberian tugas, pembimbingan, pengarahan serta pengajuan pertanyaan apabila terdapat kendala dilakukan melalui grup WhatsApp.

       

a.      Pemaparan Profil PDPM ITS                                                               b. Presentasi Progress Mingguan

 

Pemaparan pada minggu pertama diselenggarakan tanggal 15 Juli 2020 yang diisi dengan perkenalan profil PDPM ITS, perkenalan mahasiswa KP dan pembimbing lapangan, serta pemberian tugas KP. Pemaparan pada minggu kedua dilaksanakan tanggal 17 dan 24 Juli 2020 membahas tentang laporan progress mingguan serta diskusi tugas KP.

c. Diskusi Tugas Surveyor, Validator, Entrior serta Supervisor

Pemaparan berikutnya dilakukan tanggal 27 Juli 2020 dengan dihadiri oleh mahasiswa KP, pembimbing lapangan, perwakilan surveyor, validator, entrior serta supervisor selaku pelaksana survei di lapangan yang membahas tentang tugas masing-masing stakeholder serta kendala yang dialami selama survei berlangsung.

            “Kami bersyukur bisa melaksanakan KP di PDPM ITS. Meskipun kegiatan dilakukan secara daring, kami mendapatkan banyak pengalaman antara lain, mendapatkan wawasan baru tentang kegiatan pemutakhiran PBB yang merupakan proyek PDPM ITS bekerja sama dengan BPPD Kabupaten Sidoarjo, kerjasama tim dalam menjalankan sebuah proyek yang harus selesai sesuai timeline, dan kendala yang dialami selama kegiatan pemutakhiran di lapangan”, ucap Fauziyah. Kemudian Lulus juga menambahkan “Kami juga diberi tugas untuk merancang simulasi survei sesuai dengan penerapan ilmu statistika yang sudah kami dapat di perkuliahan beserta cara membuat anggaran biaya dengan pagu tertentu, dan selama mengerjakan tugas KP, kami juga dibimbing oleh staff-staff PDPM ITS dengan ramah dan sabar”.

Dengan adanya KP ini, diharapkan terdapat kerja sama secara langsung antara Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) ITS dengan dunia pendidikan khususnya Departemen Statistika ITS serta dapat memberikan informasi sebagai bahan penelitian bidang keilmuan statistika. Selain itu, melalui kerja praktik ini diharapkan dapat memberi manfaat kepada mahasiswa antara lain dapat menambah pengalaman dan pengetahuan tentang dunia kerja, dapat mengetahui penerapan ilmu statistika dalam permasalahan dunia kerja, dapat melatih mahasiswa untuk bekerja secara profesional serta melakukan adaptasi atau kerjasama yang baik dalam lingkungan kerja.

Berita Terkait