DRPM

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
12 Mei 2020, 09:05

IKA ITS dan Pusat Kajian Halal ITS Latih Masyarakat Membuat Hand Sanitizer

Oleh : itsdrpm | | Source : -

Surabaya – Antisipasi pencegahan mewabahnya virus corona, Pengurus Pusat Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (PP IKA ITS) bagi-bagi hand sanitizer ke masyarakat. Kegiatan ini menyasar pengurus masjid, pondok pesantren dan fasilitas umum di sekitar kampus ITS.

Pembagian dilakukan seusai salat Jumat, di Masjid As Sa’adah, Jalan Arief Rahman Hakim, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jumat (20/3/2020).

Pembagian dipimpin langsung oleh Mujiaman Sukirno, Ketua Harian PP IKA ITS, ke pengurus masjid, pondok pesantren serta pengelola fasilitas umum sekitar kampus ITS Surabaya, di wilayah Keputih dan Gebang.

“Aksi ini sebagai salah satu bentuk partisipasi aktif IKA ITS sebagai bagian dari masyarakat yang secara bersama-sama melakukan aksi melawan penyebaran virus Covid-19,” kata Ketua Umum IKA ITS Sutopo Kristanto.

Menurut dia, dalam pembagian selanjutnya IKA ITS akan menyasar tempat dan kelompok warga masyarakat lainnya.

Selain membagikan hand sanitizer, IKA ITS juga melakukan pelatihan pembuatan hand sanitizer dengan bahan baku alkohol 70 persen dengan menggandeng Pusat Halal ITS.

“Kita bantu bagaimana cara membuat hand sanitizer. Kita juga sudah melakukan sosialisasi ke seluruh komunitas alumni ITS akan turut serta aktif dalam aksi peduli wabah Covid-19 ini. Pihaknya juga mengimbau kepada para Alumni ITS yang ingin mendukung aksi peduli tersebut, dapat mengirimkan donasinya melalui rekening resmi IKA ITS,” tambahnya.

Selain pembagian dan pembuatan biang hand sanitizer, IKA ITS bakal melakukan aktivitas sterilisasi sarana prasarana umum, pemberian disinfektan pada komunitas yang rentan penyebaran COVID-19, memberi pelatihan cara pembuatan hand sanitizer untuk kebutuhannya warga masyarakat sendiri.

“Upaya tersebut akan dikembangkan ke seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan Pengurus Wilayah dan Komisariat Jurusan IKA ITS,” ujar Sutopo.

Sebelumnya, IKA ITS telah mengeluarkan imbauan kepada seluruh alumni ITS untuk turut serta melawan penyebaran Covid-19. IKA ITS menghimbau alumni ITS untuk menjalankan social distancing, menjaga imunitas tubuh, dan menjaga kebersihan dir, sesuai dengan anjuran pemerintah.

IKA ITS juga mendukung penuh kebijakan Rektor ITS dalam mencegah penyeberan virus corona (COVID – 19) di lingkungan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember berupa penundaan Wisuda ITS, mengosongkan lingkungan kampus, dan meliburkan sementara kegiatan perkuliahan dengan melanjutkan perkuliahan dengan menggunakan metode online (daring).

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4947631/ika-its-latih-masyarakat-membuat-hand-sanitizer

Berita Terkait