DPTSI

DIREKTORAT PENGEMBANGAN TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI
11 Februari 2020, 09:02

Peluncuran Dashboard Prodi dan Sosialisasi myITS Presensi

Oleh : ernis | | Source : -

Pada tanggal 10 Februari 2020, DPTSI memperkenalkan layanan baru yakni Dashboard Program Studi dan sosialisasi myITS Presensi.  Acara dibuka oleh Dr. Umi Laili Yuhana, S.Kom., M.Sc. selaku Direktur DPTSI dan dilanjutkan dengan acara peluncuran Dashboard Prodi. Peluncuran Dashboard Prodi dipimpin oleh Bapak Radityo Prasetianto Wibowo, S.Kom., M.Kom., selaku Kepala Sub Direktorat Pengelolaan Teknologi Big Data – DPTSI.

Acara dimulai dengan memperkenalkan Dashboard Prodi kepada para IT Admin, Sekretaris Departemen, dan Wakil Dekan. Dashboard Prodi merupakan sistem untuk menampilkan data-data terkait kebutuhan akreditasi. Dashboard Prodi terdiri dari 2 aplikasi, yakni Power BI dan Web Akreditasi.

Power BI Prodi merupakan software bentukan Microsoft yang digunakan untuk mengolah data dan menampilkannya ke dalam tampilan grafik yang interaktif dan dinamis. Memiliki fungsi yang sama untuk menampilkan data-data kebutuhan akreditasi, Web Akreditasi memberikan wadah kepada user untuk menginputkan data-data yang tidak terekam dalam sistem yakni Data Lokal.

Dashboard Prodi merupakan salah satu bentuk pemaparan hasil analisis dan evaluasi dalam bentuk Power BI. Dashboard Prodi nantinya akan digunakan oleh setiap Program Studi di ITS sebagai bahan penilaian akreditasi. Meningkatnya kebutuhan data-data kompleks menjelang akreditasi terkadang menyulitkan user untuk mendapatkan data dengan cepat dan akurat.

Power BI Prodi dan Web Akreditasi diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi IT Admin maupun Pengolah Data di lingkungan ITS.

Ke depannya Dashboard Prodi akan dikembangkan hingga ke lini ITS. Untuk saat ini yang sedang dalam proses pengembangan adalah Dashboard SAPTO BAN-PT yang diperkirakan akan selesai dalam periode Quartal 3.

Seusai acara Peluncuran Dashboard Prodi, acara dilanjutkan dengan penyampaian informasi terkait myITS Presensi yang diisi oleh Bapak Reza Fuad Rachmadi, S.T., M.T. selaku Kepala Sub Direktorat Layanan Teknologi Informasi – ITC dan Bu Dini Adni Navastara, S.Kom., M.Sc. selaku Kasi Hubungan Pelanggan dan Perencanaan Bisnis.

Berita Terkait