Foto booth pameran tugas akhir Barra Mahmud Hamdan
Surabaya, Jumat, 18 Juli 2025 — Upaya memperkuat citra institusi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di ranah digital mendapat angin segar dari karya mahasiswa. Barra Mahmud Hamdan, mahasiswa akhir Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) ITS, merancang sebuah maskot bernama Seno sebagai bagian dari tugas akhir yang ia pamerkan pada gelaran Pameran Tugas Akhir Kolokium 3, Jumat (18/7).
Meski belum menjadi maskot resmi ITS, rancangan Seno menawarkan pendekatan komunikasi yang lebih humanis dan dekat dengan publik. Melalui karakter ini, Barra mengusulkan bagaimana personifikasi brand dapat membantu ITS tampil lebih ramah, relevan, dan adaptif di tengah persaingan konten digital.
Barra menjelaskan bahwa perancangan dimulai dari pengumpulan insight melalui wawancara dengan sejumlah stakeholder kampus. “Saya ingin memahami nilai inti ITS dan bagaimana publik melihat karakter ideal yang mewakili kampus ini,” terangnya. Setelah itu, ia melakukan studi komparatif dan pengembangan visual hingga terbentuk karakter Seno lengkap dengan guidebook penggunaannya. Buku panduan ini disiapkan agar maskot dapat diterapkan secara konsisten apabila kelak digunakan dalam berbagai media promosi.
Seno dirancang sebagai karakter yang dapat menjembatani komunikasi ITS dengan generasi muda. Karakter ini mengusung kesan ramah dan inklusif, sekaligus menyampaikan semangat inovatif yang menjadi identitas kampus teknologi.
Inisiatif ini sejalan dengan prinsip ITS Berdampak serta mendukung beberapa poin Sustainable Development Goals (SDGs). Perancangan Seno memperkuat SDG 4: Pendidikan Berkualitas melalui proses pembelajaran kreatif mahasiswa; mendukung SDG 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur lewat inovasi desain identitas visual.
Melalui tugas akhirnya, Barra menunjukkan bagaimana karya desain dapat berkontribusi nyata pada identitas institusi. Seno menjadi contoh bagaimana kreativitas mahasiswa dapat membuka peluang baru bagi ITS dalam pengelolaan komunikasi digital yang lebih kuat, humanis, dan berdampak. (Humas DKV ITS)
Views: 0
Foto booth pameran tugas akhir Barra Mahmud Hamdan Surabaya, Jumat, 18 Juli 2025 — Upaya memperkuat citra institusi,
About Competition Kompetisi kreatif berskala global yang diselenggarakan oleh HSE ART AND DESIGN SCHOOL bekerja sama dengan