News

Pecah Rekor! Dosen ITS Jadi Penerima Habibie Prize Termuda dalam Sejarah

Mon, 14 Nov 2022
11:14 am
Information
Share :
Oleh : dkvadmin   |

    

 

 

 

 

 

Source : https://brin.go.id/gallery?id=179&slug=habibie-prize-2022

Jakarta – Humas BRIN, Penghargaan Habibie Prize 2022 diberikan kepada empat orang yang berkontribusi aktif di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dan inovasi. Pemberian penghargaan ini diselenggarakan atas kerja sama antara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan Yayasan Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SDM IPTEK) di Auditorium Gedung B.J. Habibie, Jl. MH. Thamrin, Jakarta, Kamis (10/11).

Penghargaan ini sebelumnya bernama Habibie Award yang diselenggarakan sejak tahun 2000 dan pada 2020 namanya diubah menjadi Habibie Prize, dan kali ini merupakan kegiatan yang ke-24. Penganugerahan Habibie Prize merupakan salah upaya untuk melanjutkan harapan dan cita-cita dari Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie untuk membangun SDM Iptek Indonesia yang unggul dan berdaya saing sejalan dengan misi kenegaraan Presiden RI dalam hal pengembangan SDM.

Ketua Yayasan SDM Iptek, Wardiman Djojonegoro menyampaikan rasa gembira atas penyelenggaraan Habibie Prize yang kali ini telah sepenuhnya dilakukan oleh BRIN.  “Kami dari keluarga besar Bapak B.J. Habibie dan Yayasan SDM Iptek sangat menghargai dan merasa senang dan tentunya bersuka cita atas pengambilalihan penganugerahan tersebut oleh BRIN dengan skala yang lebih bersifat nasional,” kata Wardiman.

Wardiman berharap, pemberian penghargaan ini tidak berhenti di tahun ini saja, melainkan dapat dilaksanakan secara kontinu di tahun yang akan datang dengan kriteria yang sama dan penentuan penerima penghargaan dilakukan secara independen.

Kepada para peraih penghargaan, Wardiman berpesan agar mereka terus berkarya memajukan iptek Indonesia dan dapat memberikan inspirasi bagi peneliti lainnya.

Hal senada disampaikan Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, pihaknya akan terus berkomitmen melanjutkan kegiatan Habibie Prize di tahun yang akan datang. “Kami berkomitmen melanjutkan legasi dari Bapak B.J. Habibie khususnya terkait Habibie Award yang sekarang menjadi Habibie Prize,” ujar Handoko.

Upaya ini menurut Handoko bukan sekedar melanjutkan legasi dari B.J. Habibie, melainkan lebih kepada menjaga spirit dan inspirasi yang dibawa oleh Presiden RI ke-3. Di tahun depan penyelenggaraan secara penuh dilakukan oleh BRIN dengan dukungan berbagai pihak termasuk Yayasan SDM Iptek dengan tujuan untuk menjaga independensi penilaian dalam menentukan peraih penghargaan Habibie Prize.

“Meskipun penyelenggaraan Habibie Prize diselenggarakan oleh BRIN, namun dipastikan BRIN tidak ikut campur dalam penilaian, dan independensi tetap terjaga,” lanjutnya.

Adapun kriteria dalam pemberian Habibie Prize meliputi aspek kapasitas SDM, aspek pengelolaan karya, invensi, dan/atau inovasi. Selanjutnya aspek jejaring dan kolaborasi iptek, dan outcome serta impact.

Sedangkan tahapannya meliputi tujuh hal yakni pengumuman dan sosialisasi, pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi substansi berdasarkan bidang keilmuan yang ditentukan, pleno penetapan penerima Habibie Prize oleh dewan juri, dan penetapan penerima Habibie Prize.

Handoko bertekad, penyelenggaraan Habibie Prize di masa yang akan datang akan semakin diperkuat. “Penyelenggaraan Habibie Prize akan terus diselenggarakan dan Insha Allah akan diperkuat tergantung masukan dari Bapak/Ibu di Yayasan SDM Iptek dan para dewan juri,” lanjutnya.

Ia menegaskan, penerima penghargaan Habibie Prize tahun ini diberikan untuk empat bidang dari lima bidang yang menjadi ketentuan sesuai dengan hasil penjurian.

Keempat peraih penghargaan tersebut yakni Pertama, drg. Ika Dewi Ana, M. Kes, Ph.D., Departemen Ilmu Biomedika Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, yang bersangkutan menerima penghargaan di bidang Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi. Kedua, Prof. Dr. Okky Karna Radjasa, M.Sc., Organisasi Riset Kebumian dan Maritim. Badan Riset dan Inovasi Nasional, yang bersangkutan menerima penghargaan di bidang Ilmu Dasar.

Ketiga, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc., Departemen Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Indonesia, yang bersangkutan menerima penghargaan di bidang Ilmu Rekayasa. Keempat, Naufan Noordyanto, S.Sn., M.Sn., Departemen Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, yang bersangkutan menerima penghargaan di bidang Ilmu Filsafat, Agama, dan Kebudayaan.

Handoko berharap, penghargaan ini dapat menjadi motivasi kepada para peraih penghargaan untuk terus berkarya sekaligus memberikan inspirasi bagi generasi yang akan datang. “Para periset apapun jabatannya harus semakin mendekatkan diri dan mampu menjadi publik figure dalam mendiseminasikan, memberikan literasi iptek yang lebih baik kepada masyarakat,” pungkasnya. (Pur)

source : https://brin.go.id/news/110838/inilah-empat-penerima-habibie-prize-2022

source lainnya :
https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/11/145634871/dosen-its-penerima-termuda-habibie-prize-ini-sosoknya?page=all

https://tekno.tempo.co/read/1655820/bikin-karya-seni-dosen-its-jadi-penerima-habibie-prize-termuda

https://www.detik.com/jatim/jatim-moncer/d-6398986/dosen-desain-komunikasi-its-terima-penghargaan-habibie-prize-2022

https://www.msn.com/id-id/berita/other/penerima-habibie-prize-termuda-dalam-sejarah-ini-dia-profil-dosen-its-naufan-noordyanto/ar-AA13YK2I

https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/cerita-naufan-dosen-its-pertama-penerima-habibie-prize-termuda-bidang-budaya-1zE5PyqNolN

https://edukasi.sindonews.com/read/938203/211/dosen-its-jadi-penerima-habibie-prize-termuda-dalam-sejarah-ini-profilnya-1668132696

Hits: 11

Latest News

  • Pecah Rekor! Dosen ITS Jadi Penerima Habibie Prize Termuda dalam Sejarah

                   Source : https://brin.go.id/gallery?id=179&slug=habibie-prize-2022 Jakarta – Humas BRIN, Penghargaan Habibie Prize 2022 diberikan kepada empat

    14 Nov 2022
  • LOMBA KREATIF TENNOVEX ITS 2022

        LOMBA KREATIF TENNOVEX ITS 2022 DI GRAND CITY MALL KOMIK STRIP dengan tema “Hari Pahlawan”. CP :

    05 Nov 2022
  • DKV ITS Memperkenalkan Kuliner Khas Blitar Melalui Karya Film Dokumenter

    Selain terkenal dengan wisata sejarahnya, Kota Blitar juga memiliki kekayaan cita rasa kuliner. Melalui pendekatan sinematik, mahasiswa Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV)

    07 Jul 2022