News

Menuju Endemi, Mahasiswa di Surabaya Beri Edukasi Lewat Poster dan Komik Digital

Tue, 19 Jul 2022
12:00 pm
Information
Share :
Oleh : dkvadmin   |

Mahasiswa Departemen DKV ITS dengan hasil karya masing-masing berupa Poster Ilustrasi dan Komik Digital.

 

Sudah dua tahun berlalu, kasus COVID-19 di beberapa negara termasuk Indonesia telah mengalami penurunan. Meski demikian, masyarakat tetap harus disiplin protokol kesehatan dan mematuhi imbauan yang dikeluarkan pemerintah untuk memerangi Virus Corona. Guna meredakan gelombang pandemi ini, dibutuhkan beberapa langkah, salah satunya dalam hal edukasi dan sosialisasi. Hal inilah yang dilakukan tim Pengabdian kepada Masyarakat Departemen Desain Komunikasi dan Visual (DKV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang mengajak masyarakat luas untuk merealisasikan pandemi menjadi endemi lewat media poster ilustrasi dan komik digital. Rabendra Yudistira Alamin, Dosen Departemen DKV ITS mengatakan, dalam memberikan edukasi tersebut tim Abmas DKV bekerja sama dengan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Bidang Perubahan Perilaku dalam menggalakkan konsep edukasi berbasis desain digital.

Menurutnya, edukasi melalui media ini memiliki penetrasi luas karena menjangkau berbagai lapisan masyarakat, khususnya media sosial. “Dari hasil kurasi yang kami lakukan ada 16 poster edukasi sudah diunggah sebagai bagian dari edukasi berseri, dan 12 komik karya mahasiswa DKV ITS masih proses editing. Semua karya mahasiswa ini akan dipublikasikan secara digital melalui media sosial instagram @satgasperubahanperilaku,” ucapnya, Selasa (19/7).
Beberapa hasil luaran Tim Abmas berupa ilustrasi poster dan komik digital karya mahasiswa Departemen DKV ITS.
Ia menuturkan, poster-poster tersebut memiliki konten yang beragam dan dikemas dalam ilustrasi yang menarik. Untuk 12 komik dikemas dalam format kompilasi digital, mulai dibuat pasca Ujian Tengah Semester (UTS) di tahun ajaran genap 2021/2022 dan ditargetkan untuk rilis pada akhir tahun 2022 mendatang. Secara keseluruhan, isi dari karya yang diunggah juga terdiri dari berbagai macam kisah inspiratif dari sudut pandang yang menarik. Materi yang diusung dalam poster dan komik berisi hal-hal positif untuk mendukung situasi transisi pandemi COVID-19 menjadi endemi COVID-19.
Beberapa di antaranya seperti ajakan untuk menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak), ajakan untuk vaksin dosis ketiga, menjaga kesehatan mental di kala pandemi, serta ajakan mudik dan sekolah tatap muka dengan aman dan sehat. “Semoga dengan adanya karya-karya ini, masyarakat selalu menjaga kewaspadaan dan tetap patuh pada protokol kesehatan sehingga upaya mengubah pandemi menjadi endemi dapat segera terwujud,” pungkasnya.

Hits: 16

Latest News

  • Pengumuman Verifikasi Portofolio Calon Mahasiswa DKV ITS Jalur Seleksi Mandiri Umum Dan Kemitraan Program Sarjana 2023 Gelombang II

    Bagi calon mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sepuluh Nopember, informasi detail mengenai proses Verifikasi Portofolio adalah sebagai berikut:

    24 Jul 2023
  • [ RUPAFEST 2023: LANGKAH NISKALA ]✏️ LOMBA FOTOGRAFI KONSEPTUAL & DESAIN POSTER

    ✏️ HIMA RUPA DKV ITS dengan bangga mempersembahkan: RupaFest, kembali hadir pada tahun ini

    16 Jul 2023
  • Pengumuman Verifikasi Portofolio Calon Mahasiswa DKV ITS Jalur Seleksi Mandiri Umum Dan Kemitraan Program Sarjana 2023 Gelombang I

    Bagi calon mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sepuluh Nopember, informasi detail mengenai proses Verifikasi Portofolio adalah sebagai berikut:

    12 Jul 2023