DKPU

Direktorat Kerjasama dan Pengelolaan Usaha

Unit Pelaksana Teknis Asrama Mahasiswa

Asrama Mahasiswa ITS merupakan fasilitas hunian sewa yang disediakan bagi mahasiswa untuk tinggal selama masa studi di ITS Surabaya. Di bawah pengelolaan Direktorat Kerjasama dan Pengelolaan Usaha, asrama didesain sebagai suatu wahana dalam mendukung proses pengembangan diri dan pembangunan karakter pribadi mahasiswa. Berlokasi di dalam area kampus ITS Sukolilo dan didukung fasilitas yang memadai, menjadikan asrama mahasiswa adalah suatu pilihan kenyamanan dan keamanan dalam mengiringi kesuksesan studi di ITS Surabaya.

Sejarah

  1. Asrama ITS didirikan tahun 1978 lokasi masih di Jl. Arif Rahman Hakim.
  2. Tahun 1981 dibangun 4 bangunan berlantai 3 yang sekarang disebut dengan gedung single block dengan kapasitas hunian 240 orang mahasiswa.
  3. Sebelum tahun 2004 asrama dikelola oleh kemahasiswaan BAKITS.
  4. Tahun 2004 asrama dikelola oleh FASUM (fasilitas umum).
  5. Tahun 2007 asrama menjadi UPT.
  6. Tahun 2008 peresmian 4 bangunan twin block.
  7. Tahun 2008 sertifikat ISO 9001-2008 tentang sistem manajemen mutu.
  8. Tahun 2012 asrama menjadi unit usaha.

Tujuan

  1. Membuat mahasiswa baru cepat beradaptasi dengan lingkungannya sehingga mempercepat pengembangan kepribadian dan kepekaan mahasiswa khususnya dalam masalah sosial, politik, ekonomi, dan kebudayaan dengan tetap bertumpu pada kaidah-kaidah ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Membantu mengatasi kesulitan tempat tinggal bagi mahasiswa baru khususnya yang dari luar kota pada tahun pertama di ITS.
  3. Menyegarkan suasana kampus ITS agar terjadi proses komunikasi antar civitas akademika yang intens sehingga terjadi lebih banyak saling pengertian, kesetiakawanan, dan kepekaan sosial.

Visi

Asrama Mahasiswa ITS sebagai sarana pengembangan kepribadian, peningkatan kedisiplinan, dan kepedulian sosial mahasiswa.

 

Misi

1. Menyediakan hunian yang layak dan kondusif bagi mahasiswa.
2. Menyelenggarakan kegiatan untuk pengembangan kepribadian dan peningkatan kedisiplinan mahasiswa.
3. Meningkatkan kepedulian sosial di lingkungan kampus maupun masyarakat.
4. Meningkatkan nilai-nilai moralitas dan spiritualitas.
5. Meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berbahasa Internasional.

Fasilitas Umum di Asrama

• Minimarket
• Depo air
• Lapangan voli
• Tempat parkir
• Aula
• Kantin
• Ruang TV

Terkait DKPU-ITS

Tentang DKPU-ITS

Direktorat Pengelolaan Usaha dan Kerjasama ITS adalah badan layanan di bawah Wakil Rektor IV, yang memiliki posisi yang berfungsi sebagai revenue generator ITS

Layanan Kerjasama DKPU-ITS

DKPU-ITS memberikan layanan kerjasama untuk pihak-pihak internal maupun external ITS, berupa kerjasama profesional dan kerjasama aset