News

Menimba Ilmu dan Pengalaman di Perusahaan Aset Vital Nasional PT. Pupuk Kalimantan Timur

Rab, 28 Agu 2019
9:41 am
informasi
Share :
Oleh : Admin-Material   |

Kalimantan Timur tidak ada yang menyangka bahwa daerah yang digadang-gadangkan menjadi nominasi ibu kota republik Indonesia ini menjadi daerah dengan pendapatan perkapita terbesar di Indonesia. Walaupun Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur ini hanya di huni oleh 165 ribu jiwa namun kekayaan alamnya sangat luar biasa. Bontang diapit beberapa perusahaan BUMN dan swasta seperti PT. Pupuk Kalimantan Timur, PT. Badak LNG dan PT. Pertamina (Persero). Sehingga tidak heran kota kecil ini menjadi posisi pertama kota dengan pendapatan perkapita tertinggi.

Sungguh kesempatan yang luar biasa sehingga Ari Pranata Kusuma mahasiswa ITS Teknik Material dan Metalurgi Angkatan 2016 mengikuti Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) batch 2 di PT. Pupuk Kalimantan Timur, Bontang. Program ini diselengarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bertujuan untuk melahirkan lulusan magang yang siap dan berpotensi dengan sertifikat industri oleh BUMN dan sertifikat kompetensi oleh Badan Nasional Sertifikasi  Profesi (BNSP).

“Dengan pengalaman mengikuti program ini dan berkerja selama 6 bulan kedepan saya dapat mengaplikasikan secara langsung kompetensi dari perkuliahan ke lapangan. Bekerja di Departemen Inspeksi Teknik 1 PT. Pupuk Kalimantan Timur saya belajar bagaimana failure analysis, loading, pipping and instrument diagram, corrosion dan masih banyak lainnya secara langsung aplikasinya tidak hanya berdasarkan literatur. Analisa dan pengujian material pun dilakukan baik Non destructive Test dilapangan maupun destructive Test dilaboratorium dengan peralatan uji yang sangat memadai”, tuturnya.

Tidak hanya pengalaman yang akan didapat, relasi dan pembelajaran dari seluruh karyawan tentang bagaimana proses pengolahan dari bahan bakar batu bara dan gas alam hingga menjadi ammonia dan urea. Namun kenangan pun ikut tercipta baik dengan karyawan, alumni hingga rekan mahasiswa lain sesama mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Kalimantan dan STTN Batan.

Maka dari itu sebagai mahasiswa akan berjuang di dunia kerja kelak akan diikuti dengan Industry 4.0, dan Asean Economic Community, siapkah kita untuk menghadapinya. Apakah yang membuat kita memiliki nilai lebih dibandingkan dengan seluruh mahasiswa dari segala penjuru universitas. Tidak hanya magang dan sertifikasi keprofesian, nilai lebih itu dapat diraih dengan memperkaya diri dari international competition, organisasi, student exchange, internship, dan sebagainya yang sebenarkan seluruh kampus sudah menfasilitasi dan tinggal kita harus manfaatkan sebaiknya.

Latest News

  • ICOMMET 2022

    CALL FOR PAPER The 5th International Conference On Materials and Metallurgical Engineering and Technology (ICOMMET) 2022 Materials and Metallurgical

    06 Jul 2022
  • TRACER STUDY

    Ysh & Berbahagia Keluarga Besar Alumni Teknik Material & Metalurgi, ITS. Semoga kesuksesan selalu mengiringi perjalanan karier para alumni.

    10 Mei 2022
  • Cat Pelapis dan Stiker Antivirus yang Bernama CoFilm+

    Kepala Pusat Penelitian Material Maju dan Teknologi Nano Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) , sekaligus Dosen DTMM, Dr Agung

    07 Apr 2021