News

World Class Professor 2022

Kam, 17 Nov 2022
6:29 pm
Informasi
Share :
Oleh : Admin-TeknikKimia   |

Pada tanggal 8 November 2022, tepatnya pada pukul 09.00-11.30, Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepluh Nopember Surabaya mengadakan seminar sesi 1 bertema “The Compound that can Increase Anti Cancer Immunity” yang dibawakan oleh seorang narasumber yaitu Prof. Wing Yan Michael Chan., PhD. Seminar ini terbuka untuk umum. Tujuan diadakan seminar ini adalah untuk menambah pengetahuan mengenai kanker dan cara menanggulanginya.

Gambar 1. Penyerahan Bingkisan dan Vandel Sesi 1 oleh Dr.Eng. Widiyastuti, S.T., M.T.

Seminar ini dimulai dengan pembukaan dari MC dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr.Eng. Widiyastuti, S.T., M.T. selaku Kepala Departemen dan Hakun Wirawasista Aparamarta, S.T., M.MT., Ph.D selaku ketua pelaksana, sekaligus penyerahan vandel kepada narasumber. Kemudian dilanjutkan  ke acara inti yang diisi oleh narasumber.

Gambar 2. Penyampaian Materi Sesi 1

Pertama-tama narasumber memperkenalkan Universitas tempat beliau bekerja dan melakukan berbagai macam penelitian. Kemudian langsung membahas topik inti yaitu mengenai tumor dan kanker, dalam sesi ini narasumber memberikan penjelasan mengenai pengertian tumor dan kanker, jenis-jenis tumor dan kanker, dan membahas berbagai macam pembahasan dari berbagai artikel atau jurnal terkait dengan tumor dan kanker.

Gambar 3. Penyerahan Reward Kepada Penanya Sesi 1

Setalah menjelaskan materi selama 50 menit, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dimana pada sesi ini para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya, dan peserta yang bertanya akan diberikan reward dari narasumber. Sebelum acara ditutup dilakukan sesi foto bersama dengan para peserta. Kemudian kami menutup seminar ini dengan doa dan penutup singkat.

Gambar 4. Foto Bersama Peserta Sesi 1

Pada tanggal 9 November 2022, tepatnya pada pukul 13.30-15.35, departemen Teknik Kimia mengadakan seminar sesi 2 dengan tema “How to Make Manuscript and to Answer the Reviewer” yang dibawakan oleh Kembali oleh narasumber yang sama yaitu Prof. Wing Yan Michael Chan., PhD. Pelatihan ini terbuka untuk umum. Tujuan diadakan seminar ini adalah untuk menambah pengetahuan mengenai cara membuat manuscript jurnal atau artikel dan bagaimana cara menjawab reviewer.

Gambar 5. Penyerahan Bingkisan Sesi 2 oleh Dr. Kusdianto, S.T., M.Sc.Eng.

Seminar ini dimulai dengan pembukaan oleh MC, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr. Kusdianto, S.T., M.Sc.Eng. sekaligus penyerahan vandel kepada narasumber. Acara selanjutnya adalah pembacaan CV narasumber oleh moderator acara yaitu Candra Wijaya, S.T. Kegiatan  selanjutnya yaitu acara inti yang dibawakan langsung oleh narasumber.

Gambar 6. Penyampaian Materi Sesi 2

Pada acara inti ini narasumber menjelaskan materi mengenai pembuatan manuscript dan bagaimana reviewer mereview script tersebut. Topik pertama mengenai ethical issue, kemudian judul, authors listing, abstract, introduction, methods, result, discussion/conclusion, references, acknowledgements/funding. Lalu narasumber menjelaskan mengenai article submission serta menunjukan salah satu contoh artikel. Kemudian narasumber menjelaskan topik selanjutnya yang merupakan cara menjawab reviewer, dimana cara untuk menjawab pertanyaan dari reviewer yaitu dengan cara additional experiment, educate the reviewer, dan not necessary to agree everything.

Gambar 7. Penyerahan Reward Kepada Penanya Sesi 2

Setelah menjelaskan materi selama 50 menit, kemudian narasumber membuka sesi tanya jawab dan dimana yang bertanya akan diberikan reward oleh narasumber. Setelah selesai sesi tanya jawab, kemudian acara sesi 2 ini kami tutup, penutupan acara dipimpin oleh MC. Kemudian dilanjutkan sesi foto bersama para peserta dengan narasumber.

Gambar 8. Foto Bersama Peserta Sesi 2

 

Reporter: Zen Maulana Pangestu

Latest News

  • Serah Terima Hibah Barang Sarana Pendidikan oleh K31

    Gambar 1. Penyerahan hibah berupa barang sarana pendidikan oleh K31 Pada hari Rabu, 23 November 2022 Departemen Teknik Kimia

    24 Nov 2022
  • World Class Professor 2022

    Pada tanggal 8 November 2022, tepatnya pada pukul 09.00-11.30, Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepluh Nopember Surabaya mengadakan seminar

    17 Nov 2022
  • the 4th ISFAChE 2022

    Pada tanggal 26 dan 27 Oktober 2022 telah dilakukan salah satu event departemen teknik kimia yang dilaksanakan secara daring

    17 Nov 2022