News

KULIAH LAPANGAN 2022

Sen, 14 Nov 2022
6:15 pm
Informasi
Share :
Oleh : Admin-TeknikKimia   |

Pada tanggal 23-25 Agustus 2022 telah dilakukan kuliah lapangan angkatan 2020 (K60) ke 4 perusahaan di Jawa Timur, yaitu PT Arsynergy Resource, PT Petronika, PT Sorini Corporindo, dan PT Energy Nusantara Perkasa. Kuliah lapangan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan 2020, 6 orang mahasiswa dari angkatan 2021, dan 14 orang dari RPL 2021. Peserta kuliah lapangan ini dibagi menjadi 5 rombongan, dimana masing-masing rombongan akan mengunjungi 1 perusahaan. Untuk tanggal 22 Agustus 2022 diberangkatkan 2 rombongan menuju PT Arsynergy Resource dan PT Petronika, Pada tanggal 23 Agustus 2022 diberangkatkan 2 rombongan menuju PT ENP dan PT Arsynergy Resource, dan pada tanggal 24 Agustus 2022 diberangkatkan 1 rombongan menuju PT Sorini Corporindo.

Rombongan peserta kuliah lapangan (kulap) ini mulai berkumpul di kampus Teknik Kimia sekitar pukul 05.30 dan bersiap-siap untuk berangkat ke perusahaan yang akan dituju. PT Petronika terletak kelurahan Tlogopojok, kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Rombongan kami tiba di PT Petronika Gresik sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah sampai di tempat tujuan, peserta dikumpulkan di aula serba guna milik petronika untuk mendapatkan materi.

Gambar 1. Sesi Materi bersama pihak PT Petronika

Setelah penyampaian materi dan sesi tanya jawab selesai, kami diajak untuk melihat proses Dioctyle Phtalate (DOP) dan Diisononyl Phtalate (DINP) di dalam pabrik.

Gambar 2. Kunjungan Mahasiswa Teknik Kimia ke PT Petronika

Gambar 3. Pengenalan instrumen alat serta keliling plant di PT Petronika

Gambar 4. Penyerahan bingkisan dari  DTK ke pihak PT Petronika

Tidak hanya PT Petronika saja, terdapat rombongan peserta yang pergi ke PT Arsyergy. Peserta diatur untuk memiliki 2 rombongan yang pergi di hari yang berbeda namun memiliki rundown yang sama. Rombongan pertama (23 Agustus 2022) dan rombongan kedua (24 Agustus 2022). PT Arsynergy Resource ini terletak di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Rombongan ini sampai di tujuan sekitar pukul 09.00. Setelah sampai, kami langsung diarahkan menuju aula serbaguna milik PT Arsynergy untuk melaksanakan sesi materi pengenalan terhadap company profile dari PT Arsynergy.

Gambar 5. Peserta berkumpul di Teknik Kimia sebelum berangkat menuju PT Arsynergy

Gambar 6. Peserta berfoto bersama di PT Arsynergy

Selanjutnya adalah melaksanakan tour plant dengan turun langsung menuju ke lapangan. Setelah turun ke lapangan, peserta dikenalkan proses- proses produksi LPG, LNG, dan kondensat.

Gambar 7. Peserta di PT Arsynergy

Di saat yang sama, rombongan dari PT ENP juga berangkat menuju plant untuk melaksanakan kuliah lapangan di PT ENP. PT Energy Nusantara Perkasa ini terletak di Singosari, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Rombongan ini mulai berangkat dari Teknik kimia pukul 07.00 dan sampai tujuan pada pukul 09.00. Setelah sampai, kami langsung diarahkan menuju lobby untuk melaksanakan registrasi dan sesi materi bersama dengan pihak PT ENP.

Gambar 8. Pemaparan materi dari  pihak PT ENP

Gambar 9. Peserta berfoto bersama di PT ENP

selanjutnya adalah tour plant area pabrik dengan menggunakan bus. Dalam plant tour ini, kami diizinkan untuk melihat unit-unit yang ada di pabrik secara langsung dari dalam bus.

Gambar 10. Pemberian bingkisan kepada pihak PT ENP oleh DTK

Dan di hari terakhir, terdapat rombongan Sorini yang akan berangkat menuju PT Sorini. PT Sorini Corporindo terletak di Desa Ngerong, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Rombongan ini mulai berangkat dari Teknik kimia FTIRS ITS pada pagi hari menggunakan bus dan sampai tujuan pada pagi menjelang siang hari. Setelah sampai, rombongan langsung diarahkan menuju aula serbaguna untuk melaksanakan Sesi materi dan briefing bersama dengan pihak PT Sorini. Setelah pemaparan materi, pihak dari PT Sorini mengajak rombongan untuk berkeliling pabrik untuk mengamati proses produksi serta pengenalan alat-alat instrument.

 

Reporter: Muhammad Rizki Baihaki

Latest News

  • Serah Terima Hibah Barang Sarana Pendidikan oleh K31

    Gambar 1. Penyerahan hibah berupa barang sarana pendidikan oleh K31 Pada hari Rabu, 23 November 2022 Departemen Teknik Kimia

    24 Nov 2022
  • World Class Professor 2022

    Pada tanggal 8 November 2022, tepatnya pada pukul 09.00-11.30, Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepluh Nopember Surabaya mengadakan seminar

    17 Nov 2022
  • the 4th ISFAChE 2022

    Pada tanggal 26 dan 27 Oktober 2022 telah dilakukan salah satu event departemen teknik kimia yang dilaksanakan secara daring

    17 Nov 2022