News

the 4th ISFAChE 2022

Kam, 17 Nov 2022
10:50 am
Informasi
Share :
Oleh : Admin-TeknikKimia   |

Pada tanggal 26 dan 27 Oktober 2022 telah dilakukan salah satu event departemen teknik kimia yang dilaksanakan secara daring dan merupakan event yang dilakukan dalam 2 tahun sekali yaitu the International Seminar on Fundamental and Application of Chemical Engineering (ISFAChE) 2022 yang merupakan edisi ISFAChE ke 4. Pada tahun 2022 ISFAChE hadir dengan mengusung tema “The Role of Chemical Engineering Trough Circular Economy to Support Sustainable Development Goals (SDGs)”. ISFAChE diikuti oleh presenter dari berbagai dunia dengan membawakan 10 topik utama yaitu e-Asia Collaborative Research Project on Algal Biomass, Advanced and New Materials, Biotechnology and Bioprocess Engineering, Chemical Engineering Education, Chemical Industrial Safety and Management, Chemical Reaction Engineering and Catalysis, Food and Pharmaceutical Technology, Process Systems Engineering, Renewable and Energy Conversion, dan yang terakhir adalah Waste Treatment and Management. Selain ada presentasi mengenai 10 topik utama yang dibawakan terdapat sesi plenary lecturer dan juga keynote speaker.

Hari pertama dari rangkaian ISFAChE 2022 dimulai dengan registrasi pada pukul 08.00 WIB dan setelah itu dibuka dengan sambutan dari ketua panitia yaitu Dr. Rendra Panca Anugrah, S.T., kemudian dibuka oleh kepala departemen teknik kimia ITS Dr. Eng. Widiyastuti, S.T., M.T., dan yang terakhir adalah sambutan dari Rektor ITS Prof. Dr. Mochamad Ashari, M.Eng., IPU, A.Eng..  Setelah dilakukan sambutan dari berbagai pihak selanjutnya masuk ke dalam sesi Keynote Speaker dan juga Plenary Lectures dimana pada hari pertama terdapat 2 Keynote speakers yang memberikan materi yaitu Ir. Dwi Satriyo Annurogo, M.T. dan Dr. Oki Muraza. Selanjutnya terdapat 2 Plenary Lectures yang mengisi acara yaitu Prof. Tadafumi Adschiri dari Jepang dan Prof. Dr. Jan Baeyens dari Belgia.

Gambar 1. Sesi Plenary Lectures oleh Prof. Dr. Jan Baeyens

Setelah dilakukan sesi keynote speaker dan plenary lectures di main room zoom, dilakukan sesi presentasi yang diisi oleh para presenter dan juga terdapat invited speakers di tiap breakout room masing-masing. Sesi presentasi yang dilakukan di dalam zoom dengan estimasi waktu presentasi selama 10 menit disertai 5 menit sesi tanya jawab bagi presenter dan presentasi selama 15 menit disertai 5 menit sesi tanya jawab bagi invited speakers. Setelah sesi presentasi sudah selesai dilakukan pada masing-masing breakout room selanjutnya peserta kembali menuju main room untuk mendapatkan informasi mengenai hari kedua dari pelaksanaan the 4th ISFAChE 2022.

Gambar 2. Sesi Presentasi oleh presenter dari salah satu breakout room

Gambar 3. Sesi dokumentasi hari pertama dari the 4th ISFAChE 2022

Pada hari kedua ISFAChE 2022 acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan melakukan registrasi dan setelah registrasi peserta langsung masuk ke dalam sesi Keynote Speaker dan Plenary Lectures yang diisi oleh 2 Keynote Speakers yaitu bapak Idral Amri, S.T., MT., Ph.D dan Bapak Ir. Saiful Bahri serta 2 Plenary Speakers yaitu Dr. Tantular Nurtono, S.T., M.Eng. dari Indonesia dan Prof. Cheng-Kang Lee, Ph.D dari Taiwan.

Gambar 4. Sesi Plenary Lectures oleh Prof. Cheng-Kang Lee, Ph.D

Setelah dilakukan sesi keynote speaker dan plenary lectures di main room zoom, selanjutnya sama seperti di hari pertama yaitu dilaksanakannya sesi presentasi oleh presenter dan Invited Speakers.

Gambar 5. Sesi Presentasi oleh presenter dari salah satu breakout room

Setelah sesi presentasi selesai kegiatan ISFAChE 2022 ditutup dengan dokumentasi bersama di main room zoom dan dokumentasi bersama seluruh organizing committee yang berkontribusi pada pelaksanaan kegiatan ISFAChE 2022.

Gambar 6. Sesi dokumentasi hari kedua bersama Organizing Committee dari the 4th ISFAChE 2022

Kegiatan the International Seminar on Fundamental and Application of Chemical Engineering akan kembali di tahun 2024 pada edisi ke 5.

 

Reporter: Gerald Nathanael

Latest News

  • Serah Terima Hibah Barang Sarana Pendidikan oleh K31

    Gambar 1. Penyerahan hibah berupa barang sarana pendidikan oleh K31 Pada hari Rabu, 23 November 2022 Departemen Teknik Kimia

    24 Nov 2022
  • World Class Professor 2022

    Pada tanggal 8 November 2022, tepatnya pada pukul 09.00-11.30, Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepluh Nopember Surabaya mengadakan seminar

    17 Nov 2022
  • the 4th ISFAChE 2022

    Pada tanggal 26 dan 27 Oktober 2022 telah dilakukan salah satu event departemen teknik kimia yang dilaksanakan secara daring

    17 Nov 2022